Efektivitas penggunaan modul terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran akuntansi di SMA Islam Al Maarif Singosari Malang / Handi Maulana Putra - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas penggunaan modul terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran akuntansi di SMA Islam Al Maarif Singosari Malang / Handi Maulana Putra

Putra, Handi Maulana (2011) Efektivitas penggunaan modul terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran akuntansi di SMA Islam Al Maarif Singosari Malang / Handi Maulana Putra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Modul Hasil Belajar Pendidikan modern menghendaki agar para siswa sebanyak mungkin dilibatkan dalam proses belajar mengajar sehingga siswa tidak hanya mendapatkan materi dari guru tetapi juga usaha sendiri mencari sumber-sumber lain sebagai pengayaan dari ilmu yang diperoleh. Untuk mencapai keberhasilan kualitas belajar mengajar yang diharapkan perlu adanya suatu pendekatan pembelajaran yang relevan sesuai tuntutan kurikulum yang terus berubah. Untuk itu pendekatan yang digunakan dalam proses belajar mengajar terutama dalam pembelajaran akuntansi seharusnya siswa diposisikan sebagai pusat perhatian belajar. Salah satu strategi belajar mengajar efektif dan efisien adalah melibatkan siswa secara aktif dan kreatif dalam proses pembelajaran. Proses belajar mengajar efektif dan efisien dengan melibatkan langsung siswa dapat memotivasi siswa untuk belajar aktif dan kreatif yaitu dengan menggunakan modul dalam setiap pelajaran berlangsung. Dengan demikian siswa akan menemukan konsep yang dipelajari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan modul terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas XI SMA Islam Al Maarif Singosari Malang. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis rancangan penelitian Quasi eksperimental atau eksperimen semu. Teknik pengumpulan data melalui metode tes instrumen berupa soal objektif. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas XI IPS 1 sebagai kelas kontrol dan XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen di SMA Islam Al Maarif Singosari Malang. Analisis penelitian yang dipakai adalah uji beda dua rata-rata atau t-test . Hasil penelitian diperoleh bahwa skor hasil belajar untuk kelas eksperimen 82 62 sedangkan untuk kelas kontrol sebesar 73 37. Berdasarkan rata-rata skor hasil belajar di atas bahwa hasil belajar akuntansi siswa kelas eksperimen lebih baik daripada hasil belajar akuntansi siswa kelas kontrol. Saran yang bisa diberikan adalah agar dalam mengajar guru hendaknya menggunakan modul untuk meningkatkan motivasi dan minat belajar siswa diharapkan memiliki kreativitas yang tinggi sehingga modul yang dipelajari dapat diselesaikan tepat waktu dan bagi peneliti lain disarankan untuk melakukan penelitian tentang pembelajaran berbasis modul pada materi lain dan diharapkan hasil penelitian ini bisa dijadikan sebagai dasar pengembangan modul sesuai dengan mata pelajaran yang diberikan di sekolah-sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34458

Actions (login required)

View Item View Item