Penerapan model pembelajaran kooperatif Two Stay Two Stray (TSTS) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Akuntansi di SMK PGRI 6 Malang / Dewi Sri Wahyuni - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran kooperatif Two Stay Two Stray (TSTS) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Akuntansi di SMK PGRI 6 Malang / Dewi Sri Wahyuni

Wahyuni, Dewi Sri (2011) Penerapan model pembelajaran kooperatif Two Stay Two Stray (TSTS) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Akuntansi di SMK PGRI 6 Malang / Dewi Sri Wahyuni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Pembelajaran Kooperatif Model Two Stay Two Stray (TS-TS) Hasil belajar Berdasarkan hasil observasi metode pembelajaran yang diterapkan di SMK PGRI 6 Malang selama ini adalah metode konvensional melalui ceramah dan tanya jawab. Dengan metode itu menyebabkan siswa menjadi pasif dan kurang mandiri dalam belajar. Oleh karena itu perlu adanya sebuah pembaharuan pembelajaran untuk mengubah paradigma tersebut yaitu dengan penerapan pembelajaran kooperatif sehingga suasana belajar lebih kondusif dan tidak monoton. Pembelajaran kooperatif mengarahkan siswa untuk belajar hidup bermasyarakat. Karena dalam pembelajaran kooperatif secara tidak langsung siswa dihadapkan pada kondisi-kondisi yang menggambarkan kehidupan di masyarakat diantaranya melalui diskusi kelompok. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tidakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus dimana tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi dan (4) refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi di SMK PGRI 6 Malang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi (pengamatan) interview (wawancara) dokumentasi tes catatan lapangan dan angket belajar afektif siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini melalui tiga tahap yaitu Data Reduction (Reduksi Data) Data Display (Penyajian Data) dan Conclusion Drawing (Penarikan Kesimpulan). Berdasarkan hasil dari penelitian diketahui bahwa terjadi peningkatan nilai kognitif afektif dan psikomotor dari siklus I ke siklus II. Ranah kognitif meningkat dari 65 85% menjadi 87 80%. Ranah afektif menunjukkan adanya peningkatan sebesar 73 17% menjadi 87 80%. Ranah Psikomotor meningkat dari 69 30% menjadi 88%. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyarankan bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk melakukan penelitian tentang pembelajaran kooperatif model Two Stay Two Stray (TS-TS) pada pengajaran mata pelajaran yang sama atau mata pelajaran lainnya di tempat yang berbeda untuk mengembangkan model pembelajaran yang inovatif dan kreatif dalam proses pembelajaran hendaknya memakai media atau kartu nomor yang dipakai siswa pada lengan kanan atau dada agar memudahkan penelili atau observer dalam mengamati aktivitas belajar siswa dan dalam penelitian hendaknya satu kelompok diamati oleh satu observer agar data yang dianggap penting tidak terlewati.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34455

Actions (login required)

View Item View Item