Pengaruh kompetensi profesional dan kompetensi pedagogik guru ekonomi akuntansi terhadap pemahaman Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan di SMAN se-kota Malang / Riska Silviana Zenny - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kompetensi profesional dan kompetensi pedagogik guru ekonomi akuntansi terhadap pemahaman Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan di SMAN se-kota Malang / Riska Silviana Zenny

Zenny, Riska Silviana (2011) Pengaruh kompetensi profesional dan kompetensi pedagogik guru ekonomi akuntansi terhadap pemahaman Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan di SMAN se-kota Malang / Riska Silviana Zenny. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci kompetensi profesional kompetensi pedagogik dan pemahaman KTSP. Peran guru dalam meningkatkan mutu pendidikan sangat penting sehingga guru dituntut untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Suasana yang kondusif dapat tercapai jika guru memiliki keahlian dan kompetensi-kompetensi yang diperlukan atas tugas yang diemban agar pembelajaran dapat mencapai kurikulum yang ditetapkan Penelitian ini bertujuan (1) untuk menjelaskan pengaruh kompetensi profesional guru ekonomi akuntansi terhadap pemahaman KTSP di SMAN se-Kota Malang (2) untuk menjelaskan pengaruh kompetensi pedagogik guru ekonomi akuntansi terhadap pemahaman KTSP di SMAN se-Kota Malang (3) untuk mengetahui pengaruh secara simultan kompetensi profesional dan kompetensi pedagogik guru ekonomi akuntansi terhadap pemahaman KTSP di SMAN se-Kota Malang. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan menggunakan teknik analisis regresi ganda. Variabel penelitian ini antara lain variabel bebas (x1) kompetensi profesional (x2) kompetensi pedagogik dan variabel terikat (y) Pemahaman KTSP. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru ekonomi akuntansi di SMAN se-Kota Malang yang berjumlah 38 guru yang tersebar dalam 10 SMAN. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Hasil penelitian yang diperoleh adalah (1) kompetensi profesional guru ekonomi akuntansi berpengaruh positif yang signifikan terhadap pemahaman KTSP dengan B 0 774 dengan nilai t 3 598 dan signifikan t 0 001 (2) kompetensi profesional guru ekonomi akuntansi berpengaruh secara positif tetapi tidak signifikan terhadap pemahaman KTSP dengan B 0 138 dengan nilai t 0 610 dan signifikan t 0 547 (3) kompetensi profesional dan kompetensi pedagogik guru ekonomi akuntansi berpengaruh secara simultan terhadap pemahaman KTSP dengan nilai signifikan sebesar 0 000 dengan R square 0 477 yang artinya memberikan kontribusi 47 7%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan (1) Bagi guru ekonomi akuntansi agar mampu menerapkan pengajaran sesuai dengan KTSP (2) Peneliti lain yang dapat mengembangkan penelitian ini dengan menambah variabel lain dan jumlah populasi penelitian (3) Bagi kepala sekolah sekolah hendaknya lebih memfasilitasi sarana dan prasarana yang bisa mendukung guru untuk meningkatkan kompetensinya dengan pengadaan buku referensi dan peningkatan mutu guru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34454

Actions (login required)

View Item View Item