Pengaruh penggunaan teknologi informasi dan gaya belajar terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 6 Malang / Rabatna Sari R. - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan teknologi informasi dan gaya belajar terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 6 Malang / Rabatna Sari R.

Sari R., Rabatna (2011) Pengaruh penggunaan teknologi informasi dan gaya belajar terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 6 Malang / Rabatna Sari R. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Teknologi Informasi Gaya Belajar dan Prestasi Belajar. Teknologi informasi merupakan segala bentuk teknologi yang diimplementasikan untuk memproses dan mengirim informasi dalam segala bentuk elektronik yang tidak terbatas ruang dan waktu. Berbagai informasi yang diterima dan diserap oleh siswa melalui teknologi informasi tersebut kemudian diproses oleh siswa dengan cara mengingat berpikir memecahkan soal dan kecenderungan pemakaian sisi otak untuk mempercepat proses belajarnya dalam hal ini disebut dengan gaya belajar. Apabila seseorang dapat menggunakan teknologi informasi dengan baik dan mengetahui gaya belajarnya sendiri maka ia akan lebih mudah dan cepat untuk belajar. Tujuan Penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh (1) penggunaan teknologi informasi terhadap prestasi belajar akuntansi siswa (2) gaya belajar terhadap prestasi belajar akuntansi siswa dan (3) penggunaan teknologi informasi dan gaya belajar terhadap prestasi belajar akuntansi siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 6 Malang yaitu sebanyak 153 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah teknik random sampling sehingga diperoleh sampel berjumlah 77 siswa. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penggunaan teknologi informasi (X1) gaya belajar (X2) dan variabel terikatnya prestasi belajar akuntansi (Y). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian yang diperoleh (1) terdapat pengaruh negatif penggunaan teknologi informasi terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 6 Malang dengan thitung sebesar -2 014 dan nilai signifikansi sebesar 0 048 alpha 0 05 (2) terdapat pengaruh positif gaya belajar terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 6 Malang dengan thitung sebesar 2 384 dan nilai signifikansi sebesar 0 020 alpha 0 05 dan (3) terdapat pengaruh positif penggunaan teknologi informasi dan gaya belajar terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 6 Malang sebesar 0 031. Disarankan (1) pihak sekolah sebaiknya meningkatkan kelengkapan fasilitas teknologi informasi yang sudah ada dan berupaya untuk memberikan pemahaman tentang penggunaan teknologi informasi yang benar untuk meningkatkan prestasi belajar siswa (2) guru sebaiknya memotivasi siswa untuk menggunakan fasilitas teknologi informasi dengan baik dan benar dan mengetahui gaya belajar masing-masing siswa dan (3) orang tua sebaiknya memperhatikan kebutuhan fasilitas belajar siswa dan gaya belajar yang dimilikinya agar siswa dapat menggunakan fasilitas belajarnya dengan baik dan belajar sesuai dengan gaya atau kebiasaan belajar yang dimiliki.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34453

Actions (login required)

View Item View Item