Pengaruh penerapan media pembelajaran berbasis CD (Compact Disk) interaktif dengan metode simulasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kompetensi mengelola kartu utang di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen / Hanif Yusuf Seputro - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penerapan media pembelajaran berbasis CD (Compact Disk) interaktif dengan metode simulasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kompetensi mengelola kartu utang di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen / Hanif Yusuf Seputro

Seputro, Hanif Yusuf (2011) Pengaruh penerapan media pembelajaran berbasis CD (Compact Disk) interaktif dengan metode simulasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kompetensi mengelola kartu utang di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen / Hanif Yusuf Seputro. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci CD Interaktif dengan metode simulasi hasil belajar. Dalam kegiatan pembelajaran guru harus mampu menciptakan proses pembelajaran yang menyenangkan. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk memecahkan masalah tersebut adalah dengan mengubah pola pembelajaran akuntansi yang bersifat konvensional menjadi pembelajaran yang lebih variatif. Salah satu metode yang bisa digunakan adalah simulasi. Selain perubahan dalam metode pembelajaran diperlukan juga suatu media yang dapat meningkatkan motivasi siswa dalam kegiatan pembelajaran salah satunya yaitu media CD Interaktif dengan metode simulasi yang mengharapkan kegiatan pembelajaran akan lebih menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penerapan media pembelajaran CD Interaktif dengan metode simulasi terhadap hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa adalah kemampuan yang dimiliki siswa setelah menerima pengalaman belajar. Hasil belajar yang dicapainya bermakna bagi dirinya sendiri dan akan tahan lama dalam ingatannya dan membentuk perilaku yang dapat digunakan sebagai alat untuk memperoleh informasi dan pengetahuan lainnya. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuasi eksperimen yang dilaksanakan di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen. Adapun Subyek yang diteliti pada penelitian ini adalah siswa kelas XI KU. Kelas XI KU 1 berjumlah 42 siswa ditetapkan sebagai kelas kontrol yang diajar tanpa menggunakan media CD Interaktif dan kelas XI KU 2 berjumlah 37 siswa ditetapkan sebagai kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan media CD Interaktif. Instrumen yang digunakan adalah tes berupa pretest dan posttest yang diberikan baik pada kelas kontrol maupun kelas eksperimen. Data hasil belajar siswa diperoleh dari selisih antara nilai posttest dan nilai pretest (gainscore). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol yakni kelas eksperimen 37 97 sedangkan kelas kontrol 16 67. Hasil analisis uji T-test independent sample menunjukkan nilai p 0 000 lebih kecil daripada 0 05. Berdasarkan hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media CD Interaktif berpengaruh terhadap hasil belajar siswa mata diklat akuntansi keuangan kelas XI KU di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen. Saran yang diajukan dalam penelitian ini adalah (1) Guru sebaiknya mampu memanfaatkan media pembelajaran yang sesuai dan menciptakan suasana belajar menyenangkan. (2) Peneliti selanjutnya diharapkan untuk meneliti tidak hanya pada ranah kognitif saja tetapi juga pada ranah afektif dan psikomotor menggunakan populasi dan sampel yang lebih luas serta pada materi yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34452

Actions (login required)

View Item View Item