Perbedaan prestasi belajar antara siswa dengan gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik / Febrilia Yulvidi Asri - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan prestasi belajar antara siswa dengan gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik / Febrilia Yulvidi Asri

Asri, Febrilia Yulvidi (2011) Perbedaan prestasi belajar antara siswa dengan gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik / Febrilia Yulvidi Asri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Prestasi belajar gaya belajar visual auditorial dan kinestetik Ada tiga jenis gaya belajar yang dimiliki oleh masing-masing siswa yaitu gaya belajar visual gaya belajar auditorial dan gaya belajar kinestetik. Guru di harapkan mengetahui gaya belajar yang dimiliki oleh masing-masing siswanya sehingga akan menunjang peningkatan prestasi belajar siswa. Dengan begitu guru harus bisa memvariasikan metode mengajar yang digunakan agar siswa dapat memahami dan menerima pelajaran yang disampaikannya. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk menjelaskan gaya belajar siswa kelas XI Ilmu Sosial SMA Negeri 1 Singosari (2) untuk menjelaskan perbedaan prestasi belajar antara siswa dengan gaya belajar visual auditorial dan kinestetik. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Ilmu Sosial SMA Negeri 1 Singosari yang berjumlah 105 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Proportional Random Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 51 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanatif sedangkan data yang digunakan adalah data primer berupa kuesioner gaya belajar sedangkan data sekunder berupa nilai raport semester gasal.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis varian satu jalur (One Way Anova). Hasil dari penelitian yang telah dilakukan adalah ada perbedaan prestasi belajar antara siswa dengan gaya belajar visual auditorial dan kinestetik dengan nilai signifikansi sebesar 0 00. Hasil penelitian kuesioner gaya belajar diperoleh bahwa siswa kelas XI Ilmu Sosial memiliki gaya belajar visual dan auditorial. Gaya belajar visual dan auditorial memiliki jumlah responden yang sama yaitu masing-masing 20 siswa sedangkan kinestetik hanya 11 siswa. Jika dilihat dari prestasi siswa gaya belajar visual memiliki prestasi yang tinggi dibanding siswa yang memiliki gaya belajar auditorial dan kinestetik. Keterbatasan penelitian ini yaitu pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket (kuesioner) dan prestasi belajar diukur dengan menggunakan nilai raport semester gasal. Saran yang dapat diberikan adalah (1) peneliti lain yang meneliti kasus sejenis sebaiknya menggunakan wilayah populasi yang lebih luas dan mengembangkan permasalahan yang terkait dengan gaya belajar (2) siswa diharapkan mendapat pengalaman dan cara baru dalam belajar mata pelajaran akuntansi (3) guru diharapkan mengetahui gaya belajar yang dimiliki masing-masing siswanya agar dapat menciptakan metode mengajar yang bervariatif sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa (4) sekolah diharapkan menyediakan sarana dan fasilitas yang diperlukan siswanya untuk mengembangkan kreativitasnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34448

Actions (login required)

View Item View Item