Pengaruh penerapan lembar kerja siswa dengan menggunakan media komik terhadap peningkatan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Batu / Hardyo Wijanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penerapan lembar kerja siswa dengan menggunakan media komik terhadap peningkatan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Batu / Hardyo Wijanto

Wijanto, Hardyo (2011) Pengaruh penerapan lembar kerja siswa dengan menggunakan media komik terhadap peningkatan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Batu / Hardyo Wijanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Lembar Kerja Siswa komik hasil belajar. Kuruikulum pendidikan menghendaki setiap lulusan memiliki kecakapan yang memadai setelah mengikuti pembelajaran yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan atau sebagai bekal pendidikan selanjutnya. Pencapaian kemampuan siswa dalam pendidikan sangat tergantung pada proses pembelajaran yang diikuti. Pembelajaran akuntansi umumnya monoton dan membosankan. Hal ini didukung fakta dilapangan bahwa umumnya guru cenderung memilih metode ceramah untuk menyampaikan materi daripada harus menggunakan media pembelajaran. Komik merupakan media yang dapat digunakan dalam pembelajaran dan populer bagi anak. Pendekatan visual dalam komik dapat menarik minat siswa sehingga siswa akan merasa senang dalam belajar. Fakta inilah yang membuat peneliti tertarik untuk mengetahui pengaruh penerapan Lembar Kerja Siswa dengan menggunakan media komik terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan Lembar Kerja Siswa dengan menggunakan media komik terhadap peningkatan hasil belajar Akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Batu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian yang digunakan adalah Nonrandomized Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa XI IPS di SMAN 2 Batu yang terdirip dari tiga kelas dengan jumlah 113 siswa. Sedangkan sampel yang digunakan adalah siswa kelas XI IPS 1 dan kelas XI IPS 3 dengan jumlah 74 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah random sampling untuk memilih dua kelas dari tiga kemungkinan kelas yang ada. Instrumen yang digunakan berupa soal pre test dan post test berbentuk pilihan ganda sebanyak 13 item. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis penelitian ini digunakan Uji T untuk membandingkan rata-rata hasil belajar (gain value) kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gain value kelompok eksperimen sebesar 12 89 dan gain value kelompok kontrol sebesar 8 11. Berdasarkan analisis data yang dilakukan diketahui bahwa ada perbedaan yang signifikan antara gain value kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang ditunjukkan dengan nilai signifikansi 0 039 0 05. Rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen lebih tinggi dari rata-rata hasil belajar kelompok kontrol sehingga dapat dilihat bahwa penggunaan media komik terbukti lebih efektif menigkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan guru dapat lebih kreatif dalam menerapkan media pembelajaran karena dengan penggunaan media dalam kelas dapat membuat suasana pembelajaran lebih menyenagkan sehingga menimbulkan motivasi bagi siswa. Penggunaan LKS dengan media komik ini dapat dijadikan alternatif bagi guru untuk diterapkan dalam pembelajaran akuntansi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34445

Actions (login required)

View Item View Item