Pengaruh metode pembelajaran kooperatif dengan menggunakan media permainan monopoli terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS di MAN Tlogo Blitar / Uniq Alqo Ruhama - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh metode pembelajaran kooperatif dengan menggunakan media permainan monopoli terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS di MAN Tlogo Blitar / Uniq Alqo Ruhama

Ruhama, Uniq Alqo (2011) Pengaruh metode pembelajaran kooperatif dengan menggunakan media permainan monopoli terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS di MAN Tlogo Blitar / Uniq Alqo Ruhama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci metode pembelajaran kooperatif dengan menggunakan media permainan monopoli hasil belajar. Dalam kegiatan pembelajaran guru harus mampu menciptakan proses aktif salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan pembelajaran kooperatif. Selain metode pembelajaran yang perlu diubah diperlukan juga suatu media yang dapat meningkatkan motivasi siswa dalam kegiatan pembelajaran salah satunya adalah media permianan monopoli yang diharapkan kegiatan pembelajaran akan lebih menyenangkan. Oleh karena itu penelitian ini mengambil tema metode pembelajaran kooperatif dengan menggunakan media permainan monopoli mempengaruhi hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pembelajaran kooperatif dengan menggunakan media permainan monopoli terhadap hasil belajar. Hasil belajar adalah kemampuan yang dimiliki siswa setelah menerima pengalaman belajar. Hasil belajar yang dicapai bermakna bagi dirinya sendiri dan akan tahan lama dalam ingatannya dan membentuk perilaku yang dapat digunakan sebagai alat untuk memperoleh informasi dan pengetahuan lainnya. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen yang dilaksanakan di MAN Tlogo Blitar. Subyek yang diteliti pada penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS. Kelas XI IPS 3 berjumlah 38 siswa ditetapkan sebagai kelas kontrol yang diajar metode kooperatif tanpa menggunakan media permainan monopoli dan kelas XI IPS 1 berjumlah 38 siswa ditetapkan sebagai kelas eksperimen yang diajar metode kooperatif dengan menggunakan media permainan monopoli. Instrumen yang digunakan adalah tes berupa pretest dan posttest yang diberikan baik pada kelas kontrol maupun kelas eksperimen. Data hasil belajar siswa diperoleh dari selisih antara nilai posttest dan nilai pretest (gainscore). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol yakni kelas eksperimen 12 11 sedangkan kelas kontrol 5 53. Hasil analisis uji U Mann Whitney menunjukkan nilai p 0 003 lebih kecil daripada 0 05. Berdasarkan hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran metode kooperatif dengan menggunakan media permainan monopoli berpengaruh terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS di MAN Tlogo Blitar. Saran yang diajukan dalam penelitian ini adalah (1) Guru harus meningkatkan kemampuan mengajar yang lebih kreatif inovatif dan menciptakan suasana belajar menyenangkan. (2) Peneliti selanjutnya diharapkan mampu menerapkan pembelajaran metode kooperatif dengan menggunakan media permainan monopoli sehingga siswa dapat termotivasi dalam mengikuti proses belajar mengajar dan selanjutnya hasil belajar mereka dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Aug 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34439

Actions (login required)

View Item View Item