Sholihah, Mar'atus (2011) Pengaruh minat masuk SMK, persepsi siswa tentang efektivitas PSG, dan prestasi PSG terhadap kesiapan bekerja siswa kelas XII Akuntansi SMKN 1 Probolinggo / Mar'atus Sholihah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci minat masuk SMK persepsi efektivitas PSG prestasi PSG kesiapan bekerja. Pendidikan kejuruan sebagai lembaga pendidikan yang bertujuan menyiapkan lulusannya memasuki dunia kerja memiliki peran strategis dalam menyiapkan SDM khususnya tenaga kerja tingkat menengah. SMK memiliki orientasi pada pembentukan kecakapan hidup. Dalam pendidikan kejuruan proses pendidikan maupun proses pembelajarannya dilakukan pada dua tempat yaitu di sekolah dan di DU/DI. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) pengaruh minat masuk SMK terhadap kesiapan bekerja (2) pengaruh persepsi efektivitas PSG terhadap kesiapan bekerja (3) pengaruh prestasi PSG terhadap kesiapan bekerja. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini bersifat deskriptif assosiatif. Penelitian ini merupakan penelitian populasi yang dilakukan pada 75 siswa kelas XII Akuntansi SMKN 1 Probolinggo. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik kuesioner dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif dan regresi berganda. Hasil penelitian yang diperoleh (1) tidak ada pengaruh positif minat masuk SMK terhadap kesiapan bekerja siswa dengan nilai t hitung 2 182 lebih kecil dari t tabel 2 62 (2) ada pengaruh positif persepsi siswa tentang efektivitas PSG terhadap kesiapan bekerja siswa dengan nilai t hitung 2 823 lebih besar dari t tabel 2 62 (3) tidak ada pengaruh positif prestasi PSG terhadap terhadap kesiapan bekerja siswa dengan nilai t hitung 2 006 lebih kecil dari t tabel 2 62 (4) ada pengaruh positif minat masuk SMK persepsi siswa tentang efektivitas PSG dan prestasi PSG terhadap kesiapan bekerja siswa dengan nilai Fhitung 8 067 lebih besar dari F tabel 4 040. Berdasarkan hasil penelitian ini maka saran yang dapat diberikan adalah (1) pihak sekolah melanjutkan kebijakan untuk bekerja sama dengan DU/DI yang benar-benar mampu melaksanakan misi pendidikan (2) bagi pihak DU/DI memberikan peluang kerja sama yang lebih luas terhadap pihak sekolah untuk pelaksanaan program PSG (3) bagi peneliti lain yang melaksanakan penelitian sejenis disarankan menggunakan pendekatan kualitatif yang lebih mencerminkan kesiapan bekerja siswa yang sesungguhnya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Aug 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/34437 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |