Pengaruh fasilitas belajar siswa di sekolah dan latar belakang sosial ekonomi orang tua terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Nganjuk / Marvia Widowati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh fasilitas belajar siswa di sekolah dan latar belakang sosial ekonomi orang tua terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Nganjuk / Marvia Widowati

Widowati, Marvia (2011) Pengaruh fasilitas belajar siswa di sekolah dan latar belakang sosial ekonomi orang tua terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Nganjuk / Marvia Widowati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Fasilitas Belajar Belajar di Sekolah Latar Belakang Sosial Ekonomi Orang Tua dan Hasil Belajar. Fasilitas belajar di sekolah merupakan komponen penunjang tercapainya hasil belajar yang diharapkan. Selain fasilitas latar belakang sosial ekonomi orang tua juga dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Keadaan sosial ekonomi orang tua yang tinggi dapat mendorong belajar anak karena kebutuhan belajarnya dapat dipenuhi. Hal ini tidak mutlak bisa terjadi karena orang tua yang berlatar belakang sosial ekonomi tinggi belum tentu prestasi belajar anaknya baik begitu juga sebaliknya. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui (1) pengaruh fasilitas belajar di sekolah terhadap hasil belajar siswa (2) pengaruh latar belakang sosial ekonomi orang tua terhadap hasil belajar siswa. Rancangan penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian ekplanasi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah fasilitas belajar di sekolah latar belakang sosial ekonomi orang tua sedangkan variabel terikatnya hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Nganjuk. Dalam pengambilan sampel digunakan teknik proportional random sampling. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu angket dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan teknik analisis deskriptif dan regresi berganda dengan bantuan SPSS 16.00. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa fasilitas belajar di SMA Negeri 2 Nganjuk dalam kategori baik. Hal ini ditunjukkan dengan 69 05% (29 siswa) berpendapat demikian. Latar belakang sosial ekonomi orang tua termasuk dalam kategori cukup tinggi. Hal ini ditunjukkan dengan 47 62% (20 siswa) memiliki orang tua dengan latar belakang sosial ekonomi cukup tinggi. Hasil belajar siswa termasuk dalam kategori rendah. Hal ini ditunjukkan dengan 78 57% (33 siswa) dengan nilai dalam kategori rendah. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh antara fasilitas belajar di sekolah dengan hasil belajar sebesar 0 360 (2) ada pengaruh antara latar belakang sosial ekonomi orang tua dengan hasil belajar sebesar -0 333. Saran yang dapat diberikan berkaitan dengan penelitian ini adalah (1) kepada pihak sekolah dan siswa diharapkan dapat merawat fasilitas belajar yang ada sehingga dapat membantu proses belajar (2) kepada pihak sekolah untuk lebih memperhatikan siswa dengan latar belakang sosial ekonomi orang tua tinggi karena semakin tinggi status sosial ekonomi orang tua justru hasil belajar siswa menurun (3) kepada peneliti selanjutnya sebaiknya menambah variabel dan sampel penelitian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Aug 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34436

Actions (login required)

View Item View Item