Penerapan model pembelajaran langsung dengan media dokumen transaksi untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa di SMK Paramitha Mojokerto / Sheila Kartikasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran langsung dengan media dokumen transaksi untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa di SMK Paramitha Mojokerto / Sheila Kartikasari

Kartikasari, Sheila (2011) Penerapan model pembelajaran langsung dengan media dokumen transaksi untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa di SMK Paramitha Mojokerto / Sheila Kartikasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Model Pembelajaran Langsung Media Kemampuan Guru Aktivitas Siswa Dan Hasil Belajar Siswa. Masalah yang terjadi dalam proses kegiatan belajar mengajar dikelas X-Ak SMK Paramitha Mojokerto penggunaan metode yang digunakan oleh guru tidak tepat pada saat proses belajar mengajar berlangsung sehingga siswa cenderung pasif pada saat proses belajar mengajar sehingga ketika diberi penjelasan oleh guru siswa seolah-olah mengerti karena tidak ada keluhan tetapi hasilnya menunjukkan hasil belajar siswa rendah setelah diberikan ulangan harian sehingga untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa peneliti menawarkan model pembelajaran langsung dirancang secara khusus untuk mengembangkan belajar siswa tentang pengetahuan procedural dan pengetahuan deklaratif. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui alasan mengapa model pembelajaran langsung disertai pemanfaatan dokumen transaksi dapat meningkatkan kemampuan guru di SMK Paramitha Mojokerto (2) Untuk mengetahui alasan mengapa model pembelajaran langsung disertai pemanfaatan dokumen transaksi dapat meningkatkan aktivitas di SMK Paramitha Mojokerto (3) Untuk mengetahui alasan mengapa model pembelajaran langsung disertai pemanfaatan dokumen transaksi dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SMK Paramitha Mojokerto. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian adalah siswa kelas X program keahlian akuntansi SMK Paramitha Mojokerto dan objek penelitian adalah penerapan model pembelajaran langsung disertai pemanfaatan dokumen transaksi untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X-Ak SMK Paramitha Mojokerto. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara observasi dokumentasi dan tes. Dari hasil analisis terhadap kemampuan guru dalam pelaksanaan model pembelajaran langsung selama dua siklus mengalami peningkatan yang baik dengan perolehan skor pada siklus I 16 dan siklus II 21 untuk aktivitas siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I 25 dan siklus II 32. Persentase ketuntasan belajar klasikal untuk mengukur pencapaian hasil belajar siswa yang diperoleh dari pos tes siklus I dan pos tes siklus II mengalami pencapaian hasil belajar yang meningkat yaitu 65% untuk pos tes siklus I 90% untuk pos tes siklus II. Berdasarkan hasil penelitian ini model pembelajaran langsung dapat digunakan sebagai alternatif dalam proses belajar mengajar pada mata diklat siklus akuntansi perusahaan dagang kompetensi dasar melakukan pencatatan transaksi dalam jurnal khusus terdiri dari beberapa tahapan-tahapan yang harus dipelajari karena pembelajaran langsung khusus dirancang untuk mengembangkan belajar siswa tentang pengetahuan prosedural dan pengetahuan deklaratif yang dapat diajarkan selangkah demi selangkah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34434

Actions (login required)

View Item View Item