Pengaruh persepsi siswa tentang model pembelajaran guru terhadap motivasi belajar siswa kelas XI Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di SMA Negeri 8 Malang / Adiyas Astari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh persepsi siswa tentang model pembelajaran guru terhadap motivasi belajar siswa kelas XI Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di SMA Negeri 8 Malang / Adiyas Astari

Astari, Adiyas (2011) Pengaruh persepsi siswa tentang model pembelajaran guru terhadap motivasi belajar siswa kelas XI Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di SMA Negeri 8 Malang / Adiyas Astari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Persepsi Model Pembelajaran E-Learning Motivasi Belajar Siswa. Persepsi merupakan proses diterimanya stimulus oleh individu melalui alat indera Model pembelajaran merupakan kerangka konseptual yang melukiskan prosedur yang sistematis dalam pembelajaran. Salah satu dari model pembelajaran yang saat ini digunakan adalah model pembelajaran memanfaatkan e-learning. Model pembelajaran sebagai bagian integral sistem pembelajaran maka kedudukannya berpengaruh terhadap jalannya proses pembelajaran. E-learning bisa diartikan sebagai pembelajaran dengan memanfaatkan bantuan perangkat elektronik khususnya perangkat komputer. Melalui model pembelajaran guru guru selain dapat menyampaikan materi dengan mudah juga dapat membangkitkan motivasi belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang model pembelajaran guru terhadap motivasi belajar siswa. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian eksplanasi. Populasi penelitian ini adalah siswa-siswi Kelas XI IPS SMA Negeri 8 Malang. Penelitian ini merupakan penelitian populasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner/angket dan dokumentasi. Analisis deskriptif digunakan untuk mendeskripsikan persepsi siswa tentang model pembelajaran guru (X) dan motivasi belajar siswa (Y) sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah regresi linier sederhana. Dari hasil analisis data diperoleh suatu persamaan linier sederhana Y 38 455 0 186. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa ada pengaruh persepsi siswa tentang model pembelajaran guru (X) terhadap motivasi belajar siswa (Y) yang menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa (Y) dipengaruhi sebesar 28 60% oleh persepsi siswa tentang model pembelajaran guru (X) sedangkan sisanya (100% - 28 60% 71 4%) disebabkan oleh faktor-faktor yang lain. Berdasarkan pada hasil data yang diperoleh dapat diketahui signifikansi regresi linier penggunaan model pembelajaran e-learning dan motivasi belajar siswa dari 100 responden adalah 0 000 yang lebih kecil dari 0 05 dengan demikian dapat dikatakan bahwa persepsi siswa tentang model pembelajaran guru (X) memiliki pengaruh yang terhadap motivasi belajar siswa (Y). Dari hasil penelitian ini diharapkan kepada orang tua untuk meningkatkan perannya sebagai motivator bagi anaknya dirumah kepada pihak sekolah dan guru untuk meningkatkan keterampilannya dalam penggunaan media-media berbasis IT melalui pelatihan khusus bagi siswa diharapkan pemanfaatan teknologi yang positif dalam arti teknologi dapat dijadikan sebagai sarana untuk belajar dan bagi penelitian selanjutnya diharapkan penelitian ini dapat lebih dikembangkan misalnya variabel yang akan diteliti.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34432

Actions (login required)

View Item View Item