Penerapan model pembelajaran kooperatif student team achievement division (STAD) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas X AK SMK Muhammadiyah 2 Jombang / Dyah Rahmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran kooperatif student team achievement division (STAD) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas X AK SMK Muhammadiyah 2 Jombang / Dyah Rahmawati

Rahmawati, Dyah (2011) Penerapan model pembelajaran kooperatif student team achievement division (STAD) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas X AK SMK Muhammadiyah 2 Jombang / Dyah Rahmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Pembelajaran Kooperatif STAD Hasil belajar. Mutu pendidikan di Indonesia jika dibandingkan dengan mutu pendidikan di negara-negara lainnya masih relatif rendah. Rendahnya mutu pendidikan ditunjukkan dengan rendahnya hasil belajar siswa termasuk pada mata pelajaran Akuntasi. Hal ini disebabkan masih kurangnya variasi dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi metode pembelajaran yang diterapkan di SMK Muhammadiyah 2 Jombang adalah metode konvensional yakni melalui model ceramah. Metode itu menyebabkan siswa menjadi pasif dan kurang mandiri dalam belajar. Oleh karena itu perlu adanya sebuah pembaharuan pembelajaran yaitu dengan penerapan pembelajaran kooperatif yakni salah satunya adalah model pembelajaran kooperatif Student Team Achievement Division (STAD) sehingga suasana belajar tidak monoton. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus dimana tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi dan (4) refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi (pengamatan) interview (wawancara) dokumentasi tes catatan lapangan dan angket respon. Teknik analisis data dalam penelitian ini melalui tiga tahap yaitu Data Reduction (Reduksi Data) Data Display (Penyajian Data) dan Penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian ini telah membuktikan bahwa model pembelajaran kooperatif Student Team Achievement Division (STAD) mampu meningkatkan hasil belajar siswa ranah kognitif dan afektif. Nilai kognitif siswa dilihat dari nilai ulangan harian sebelumnya siklus I dan siklus II mengalami suatu peningkatan. Tingkat persentase ketuntasan pada nilai ulangan harian sebelumnya adalah 53.33%. Tingkat persentase ketuntasan pada siklus I mencapai peningkatan sebesar 73.33% dan tingkat persentase ketuntasan pada siklus II mencapai peningkatan sebesar 86.67%. Perbedaan tingkat pencapaian siswa dari nilai ulangan harian siklus I dan siklus II memiliki perbedaan yang signifikan. Penelitian ini hanya menilai aspek kognitif dan afektif. Cakupan materi yang diajarkan hanya tentang cara menganalisis dan memasukkan transaksi ke berbagai macam jurnal khusus. Berdasarkan hasil penelitian peneliti menyarankan peneliti berikutnya agar bisa melakukan penelitian lanjutan untuk mengembangkan model pembelajaran ini dengan lebih kreatif dan inovatif. Selain itu juga diharapkan dapat memperluas materi yang diajarkan dan mampu menilai ketiga aspek yakni kognitif afektif dan psikomotor.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34430

Actions (login required)

View Item View Item