Pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi profesinal guru dan fasilitas belajar di sekolah terhadap prestasi belajar siswa yang dimediasi oleh minat belajar pada mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS SMAN 1 Batu / Dwi Oktaviana Binta Riyani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi profesinal guru dan fasilitas belajar di sekolah terhadap prestasi belajar siswa yang dimediasi oleh minat belajar pada mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS SMAN 1 Batu / Dwi Oktaviana Binta Riyani

Riyani, Dwi Oktaviana Binta (2011) Pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi profesinal guru dan fasilitas belajar di sekolah terhadap prestasi belajar siswa yang dimediasi oleh minat belajar pada mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS SMAN 1 Batu / Dwi Oktaviana Binta Riyani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Kompetensi Profesional Guru Fasilitas Belajar Minat Belajar Prestasi Belajar. Prestasi belajar sampai saat ini menjadi acuan untuk menilai tingkat keberhasilan siswa. Salah satu faktor yang mempengaruhi prestasi belajar adalah minat belajar. Kompetensi profesional yang dimiliki oleh guru dan fasilitas belajar yang memadai di sekolah memiliki peran penting dalam meningkatkan minat belajar siswa karena kedua komponen tersebut dapat dijadikan jembatan dalam penyampaian materi agar dapat dipahami oleh siswa. Jika kompetensi profesional guru dan fasilitas belajar di sekolah baik maka dapat meningkatkan minat belajar siswa dan secara tidak langsung mampu meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung antara persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru dan fasilitas belajar di sekolah terhadap prestasi belajar yang dimediasi oleh minat belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS SMA Negeri 1 Batu. Penelitian ini merupakan penelitian eksplanasi menggunakan analisis regresi dan analisis jalur (path analysis). Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Batu dengan jumlah 124 siswa dengan sampel 56 siswa. Data diperoleh dengan menyebarkan angket dan dokumentasi berupa nilai ujian akhir semester ganjil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) terdapat pengaruh langsung persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru terhadap minat belajar 2) terdapat pengaruh langsung fasilitas belajar di sekolah terhadap minat belajar 3) terdapat pengaruh langsung minat belajar terhadap prestasi belajar 4) terdapat pengaruh tidak langsung persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru terhadap prestasi belajar yang dimediasi oleh minat belajar dan 5) terdapat pengaruh tidak langsung fasilitas belajar di skeolah terhadap prestasi belajar yang dimediasi oleh minat belajar. Berdasarkan penelitian tersebut disarankan agar (a) sekolah dapat terus meningkatkan kompetensi profesional guru dan fasilitas belajar di sekolah dengan melanjutkan tingkat pendidikan guru ke jenjang yang lebih tinggi serta peningkatan faslitas belajar yang ada di sekolah karena hal tersebut dapat meningkatkan minat belajar siswa (b) siswa terus berusaha untuk meningkatkan minat belajar yang didukung dengan kompetensi profesional guru akuntansi SMA Negeri 1 Batu yang baik serta fasilitas belajar di sekolah yang memadai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34424

Actions (login required)

View Item View Item