Pengaruh efikasi diri siswa dan tipe tes terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 5 Malang / Sri Ami Ati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh efikasi diri siswa dan tipe tes terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 5 Malang / Sri Ami Ati

Ati, Sri Ami (2011) Pengaruh efikasi diri siswa dan tipe tes terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 5 Malang / Sri Ami Ati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Efikasi Diri Tipe Tes Prestasi Belajar Pembelajaran yang dilakukan oleh guru dan murid ini diharapkan dapat tercermin dalam prestasi belajar. Banyak faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa baik itu eksternal maupun internal. Salah salah faktor internal adalah efikasi diri yang dimiliki oleh siswa. Selain itu untuk melihat perubahan tingkah laku siswa mengenai pemahaman dan pengusaan terhadap mata pelajaran tertentu maka diperlukan evaluasi yang merupakan tahap terakhir dari sistem pengajaran. Mengingatnya umumnya dalam melakukan evaluasi berupa tes maka dalam penelitian ini menggunakan tes untuk melihat tingkat pencapaian siswa terhadap pelajaran akuntansi yaitu tes pilihan ganda dan tes esai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Perbedaan prestasi belajar antara siswa yang memiliki efikasi diri tinggi dan siswa yang memiliki efikasi diri rendah (2) Perbedaan prestasi belajar antara Siswa yang diberikan Tes Pilihan Ganda dengan Siswa yang diberikan Tes Esai (3) Pengaruh Interaksi antara Efikasi Diri Siswa dan Tipe Tes terhadap Prestasi Belajar . Efikasi diri siswa merupakan keyakinan yang dimiliki oleh siswa terhadap kemampuan yang mereka miliki dalam mengerjakan soal-soal akuntansi. Sedangkan tipe tes merupakan tes yang digunakan untuk mengukur prestasi belajar siswa yaitu tes pilihan ganda dan tes esai. Prestasi belajar adalah hasil dari post test yang diberikan kepada siswa dengan menggunakan tes pilihan ganda dan esai saat penelitian. Penelitian ini merupakan penelitian factorial design experimental yang dengan menggunakan 2x2 faktorial yang dilaksanakan di SMA Negeri 5 Malang. Populasi penelitian ini sebanyak 94 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan simple random sampling. Adapun sampel yang diteliti adalah dari kelas XI IPS 1 dan XI IPS 3 sehingga sampel penelitian diperoleh 60 siswa. Pengujian hipotesis dengan menggunakan anova two way dengan bantuaan SPSS 16 for windows. Berdasarkan hasil pengujian anova two way maka diperoleh hasil penelitian (1) Terdapat perbedaan prestasi belajar antara siswa yang memiliki efikasi diri tinggi dan siswa yang memiliki efikasi diri rendah (2) Terdapat perbedaan prestasi belajar antara siswa yang diberikan tes pilihan ganda dan siswa yang diberikan tes esai (3) Terdapat pengaruh interaksi efikasi diri dan tipe tes terhadap prestasi belajar siswa. Saran dari penelitian ini yaitu bagi Guru agar sebelum melakukan tes terhadap siswa sebaiknya mengetahui tingkat efikasi diri siswa. Selain itu diperlukan upaya guru agar siswa dapat memiliki pemahaman yang komprehesif Sehingga dapat diperoleh prestasi belajar siswa sesuai dengan yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34422

Actions (login required)

View Item View Item