Pengaruh penerapan model pembelajaran dengan menggunakan peta pikiran (mind mapping) terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Blitar / Sendi Ayudha Fitrah Kusuma - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penerapan model pembelajaran dengan menggunakan peta pikiran (mind mapping) terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Blitar / Sendi Ayudha Fitrah Kusuma

Kusuma, Sendi Ayudha Fitrah (2011) Pengaruh penerapan model pembelajaran dengan menggunakan peta pikiran (mind mapping) terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Blitar / Sendi Ayudha Fitrah Kusuma. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Peta Pikiran (mind mapping) Hasil Belajar Model pembelajaran merupakan salah satu komponen utama dalam kegiatan pembelajaran karena model pembelajaran berperan sebagai cara untuk menciptakan proses pembelajaran. Kegiatan belajar mengajar hendaknya terus mencerminkan komunikasi interaksi optimal antara guru-siswa dan antara siswa dengan siswa yang lainnya tidak semata-mata merupakan pemberian informasi searah tanpa mengembangkan kemampuan mental fisik dan penampilan diri. Permasalahan muncul yaitu ketika siswa berusaha mengingat kembali apa yang sudah didapatkan dipelajari direkam dicatat atau yang dahulu pernah diingat siswa mengalami kesulitan berkonsentrasi ataupun kesulitan ketika mengerjakan tugas. Ini terjadi dikarenakan catatan ataupun ingatannya belum teratur. Oleh karena itu diperlukan suatu perbaikan dalam proses pembelajaran sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa yaitu dengan cara menumbuhkan keinginan siswa untuk mencatat lebih baik memahami dan mengingat materi yang dijelaskan. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan teknik mencatat yang efektif daan efisian yakni Peta Pikiran (Mind Mapping). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh penerapan model pembelajaran dengan menggunakan peta pikiran (mind mapping) terhadap peningkatan hasil belajar untuk mata diklat Akuntansi pada siswa kelas XI SMA Negeri 3 Blitar. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis rancangan penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data melalui metode tes dan angket. Instrumen berupa soal subjektif dan pengambilan sampel menggunakan teknik judgement sampling. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas XII IPS1 sebagai kelas kontrol dan XII IPS 3 sebagai kelas eksperimen di SMA Negeri 3 Blitar semester genap tahun pelajaran 2010/2011. Hasil penelitian diperoleh bahwa skor tes akhir hasil belajar untuk kelas eksperimen 80 69 sedangkan untuk kelas kontrol sebesar 75 56. Berdasarkan rata-rata skor tes akhir hasil belajar di atas bahwa hasil belajar yang menggunakan peta pikiran (mind mapping) siswa kelas eksperimen lebih baik daripada hasil belajar dengan pembelajaran konvensional siswa kelas kontrol. Kesimpulan penelitian bahwa model pembelajaran menggunakan peta pikiran (mind mapping) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34421

Actions (login required)

View Item View Item