Strategi pemberdayaan peserta didik penerima beasiswa dalam peningkatan mutu keagamaan di SMA Negeri 1 Garum Blitar/ Ilma Sa'adah - Repositori Universitas Negeri Malang

Strategi pemberdayaan peserta didik penerima beasiswa dalam peningkatan mutu keagamaan di SMA Negeri 1 Garum Blitar/ Ilma Sa'adah

Sa'adah, Ilma (2012) Strategi pemberdayaan peserta didik penerima beasiswa dalam peningkatan mutu keagamaan di SMA Negeri 1 Garum Blitar/ Ilma Sa'adah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci pemberdayaan peserta didik beasiswa. masjid. Peserta didik merupakan subjek sekaligus objek dalam proses transformasi ilmu pengetahuan dan keterampilan-keterampilan yang diperlukan. Keberadaan peserta didik di sekolah menjadi sangat penting demi terlaksananya proses belajar mengajar yang sesuai dengan tujuan pendidikan di sekolah. Dalam bidang pendidikan pemerintah menetapkan bantuan operasional sekolah yang menyediakan bantuan bagi sekolah dengan tujuan membebaskan biaya pendidikan bagi peserta didik yang tidak mampu dan meringankan beban bagi peserta didik yang lain dalam rangka mendukung pencapaian program wajib belajar pendidikan dasar sembilan tahun. Melalui program ini pemerintah pusat memberikan dana kepada sekolah-sekolah pada tingkatan dasar untuk membantu mengurangi beban biaya pendidikan yang harus ditanggung oleh orangtua peserta didik.Untuk membantu peserta didik pada tingkatan atas (SMA) setiap sekolah memiliki cara tersendiri agar peserta didik dengan keadaan latar belakang ekonomi kurang mampu tetapi memiliki IQ cukup tinggi tetap bisa memperoleh pendidikan baik akademik maupun non-akademik di sekolah. Fokus dalam penelitian ini adalah (1) penjaringan peserta didik penerima beasiswa di SMA Negeri 1 Garum (2) penyaluran beasiswa di SMA Negeri 1 Garum (3) strategi pemberdayaan peserta didik penerima beasiswa dalam peningkatan mutu keagamaan di SMA Negeri 1 Garum (4) pendukung dan penghambat dalam pemberdayaan peserta didik penerima beasiswa dalam peningkatan mutu keagamaan di SMA Negeri 1 Garum (5) hasil kegiatan dan pembinaan kegiatan peserta didik penerima beasiswa dalam peningkatan mutu keagamaan di SMA Negeri 1 Garum. Ada lima tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk (1) mendeskripsikan penjaringan peserta didik penerima beasiswa di SMA Negeri 1 Garum (2) mendeskripsikan penyaluran beasiswa di SMA Negeri 1 Garum (3) mendeskripsikan strategi pemberdayaan pada peserta didik penerima beasiswa di SMA Negeri 1 Garum (4) mendeskripsikan pendukung dan penghambat dalam pemberdayaan peserta didik penerima beasiswa dalam peningkatan mutu keagamaan di SMA Negeri 1 Garum (5) mendeskripsikan hasil kegiatan dan pembinaan kegiatan peserta didik penerima beasiswa dalam peningkatan mutu keagamaan di SMA Negeri 1 Garum. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Garum dengan pendekatan kualitatif dan rancangan studi kasus. Teknik pengumpulan data silakukan dengan (1) wawancara (2) observasi dan (3) dokumentasi. Analisis pengumpulan data dalam penelitian in adalah (1) reduksi data (2) display data dan (3) verifikasi. Pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini dilakukan dengan beberapa teknik yaitu (1) triangulasi sumber data (2) ketekunan pengamatan dan (3) pengecekan anggota. Hasil penelitian menunjukkan (1) penjaringan peserta didik penerima beasiswa yaitu dilakukan dengan dua kelompok sasaran yakni peserta didik yang berasal dari keluarga dengan latar belakang ekonomi kurang mampu dan peserta didik berprestasi (2) penyaluran beasiswa di SMA Negeri 1 Garum dilakukan sebagai tunjangan biaya belajar yaitu tunjangan pembayaran SPP (3) strategi pemberdayaan peserta didik penerima beasiswa di SMA Negeri 1 Garum adalah dengan memberdayakan peserta didik penerima beasiswa yang berminat sebagai ta mir masjid dengan beberapa kegiatan yang telah ditentukan di dalamnya (4) pendukung dalam pemberdayaan peserta didik penerima beasiswa adalah adanya permintaan dan kemauan dari peserta didik serta didukung dengan adanya dana dari sekolah sementara penghambat dalam pemberdayaan adalah peserta didik masjid membawa teman dari luar ke masjid yang memberi dampak negatif bagi peserta didik masjid (5) hasil kegiatan dan pembinaan kegiatan peserta didik adalah lebih terpenuhinya kebutuhan rohani dan kedisiplinan peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah. Berdasarkan hasil penelitian saran-saran yang diajukan adalah (1) bagi Kepala SMA Negeri 1 Garum agar dapat dijadikan sebagai evaluasi terhadap pengelolaan peserta didik dengan pemberdayaan peserta didik penerima beasiswa di sekolah tersebut sehingga bisa menjadi bahan masukan pengelolaan sekolah untuk masa yang akan datang (2) bagi orangtua peserta didik SMA Negeri 1 Garum dapat dijadikan sebagai motivasi untuk senantiasa bersemangat dalam semua hal terutama yang berkaitan dengan pendidikan putra-putrinya (3) bagi peserta didik di SMA Negeri 1 Garum dapat dijadikan sebagai motivasi dalam mengikuti kegiatan belajar-mengajar dan mengembangkan kemampuannya di dunia pendidikan di sekolah baik di bidang akademik maupun non-akademik (4) bagi mahasiswa Jurusan Administrasi Pendidikan agar dapat menambah dan mengembangkan pengetahuan tentang stategi pemberdayaan pada peserta didik penerima beasiswa (5) bagi peneliti lain agar dapat dijadikan sebagai referensi dan dikembangkan untuk penelitian selanjutnya yang terkait dengan pemberdayaan pada peserta didik utamanya peserta didik penerima beasiswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 May 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3442

Actions (login required)

View Item View Item