Pengaruh kecerdasan intelektual (IQ) dan kecerdasan emosional (EQ) terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS MAN I Gondanglegi / Alwi Rizal - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kecerdasan intelektual (IQ) dan kecerdasan emosional (EQ) terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS MAN I Gondanglegi / Alwi Rizal

Rizal, Alwi (2011) Pengaruh kecerdasan intelektual (IQ) dan kecerdasan emosional (EQ) terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS MAN I Gondanglegi / Alwi Rizal. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Kecerdasan Intelektual (IQ) Kecerdasan Emosional (EQ) dan Prestasi Belajar Pencapaian prestasi belajar yang membanggakan merupakan harapan dari setiap siswa. Proses pencapaian prestasi belajar dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal siswa. Penelitian ini membahas tentang pengaruh kecerdasan intelektual (EQ) dan kecerdasan emosional (EQ) yang dimiliki oleh siswa terhadap prestasi belajar yang merupakan bagian dari faktor internal siswa sehingga dalam penelitian ini ingin mengetahui sejauh mana pengaruh tingkat kecerdasan intelektual (IQ) dan kecerdasan emosional (EQ) terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh baik secara parsial maupun simultan kecerdasan intelektual (EQ) dan kecerdasan emosional (EQ) terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di MAN 1 Gondanglegi dan subyek penelitiannya siswa kelas XI IPS MAN 1 Gondanglegi. Jumlah populasi sebanyak 66 siswa dan semuanya digunakan sebagai sampel (total sampling). Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasinal. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Pearson Product Moment untuk uji validitas Alpha Cronbanch untuk uji reliabilitas dan regresi berganda untuk mengetahui pengaruh baik secara parsial maupun simultan dari variabel-variabel independen terhadap variabel dependennya. Dari hasil analisis data diketahui terdapat pengaruh antara kecerdasan intelektual (EQ) terhadap prestasi belajar mata pelajaran akuntansi dengan hasil analisis regresi nilai koefisien beta terstandarisasi sebesar 0 283 dan kecerdasan emosional (EQ) terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran akuntansi dengan hasil analisis regresi nilai koefisien beta terstandarisasi sebesar 0 164. Terdapat pengaruh simultan antara kecerdasan intelektual (EQ) dan kecerdasan emosional (EQ) terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran akuntansi dengan hasil analisis regresi berganda menujukkan nilai Adjusted R Square sebesar 0 238. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan pada pihak keluarga untuk dapat mengembangkan EQ sejak dini karena EQ dapat berkembang melalui proses pembelajaran secara terus-menerus. Pihak sekolah hendaknya hendaknya memperhatikan kedua kecerdasan yang dimiliki anak didik yakni IQ dan EQ. Pemerataan pengajaran dan pendidikan pada ranah kognitif afektif dan psikomotorik yang dimiliki siswa diharapkan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34417

Actions (login required)

View Item View Item