Analisis perbedaan efektivitas pembelajaran siswa pada sistem full day dan half day kelas VII di SMPN I Wlingi Blitar / Checi Dwi Cahyanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis perbedaan efektivitas pembelajaran siswa pada sistem full day dan half day kelas VII di SMPN I Wlingi Blitar / Checi Dwi Cahyanto

Cahyanto, Checi Dwi (2011) Analisis perbedaan efektivitas pembelajaran siswa pada sistem full day dan half day kelas VII di SMPN I Wlingi Blitar / Checi Dwi Cahyanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Sistem Pembelajaran Full Day dan Half Day Efektifitas Pembelajaran. Setiap tahun pemerintah menaikkan standar kelulusan siswa. Untuk itu sekolah harus mampu bersaing untuk menciptakan sistem pendidikan yang efektif. Untuk itu sistem pembelajaran full day school diciptakan untuk memenuhi kebutuhan pendidikan saat ini. Sistem pembelajaran full day school memiliki beberapa perbedaan dibandingkan dengan sistem pembelajaran half day school. Diantara perbedaan tersebut antara lain terletak pada jam belajarnya yang lebih lama sarana prasarananya yang lebih lengkap dan para pengajar atau guru yang lebih professional. Berdasarkan permasalahan diatas maka dicobakan pada kelas VII i sebagai kelas full day dan kelas VII c sebagai kelas half day di SMPN I Wlingi Blitar dengan tujuan untuk mengetahui perbedaan efektivitas pembelajaran siswa sistem full day school dan half day school. Penelitian ini merupakan penelitian komparatif dengan tujuan melihat perbedaan efektifitas pembelajaran sistem full day school dengan sistem half day school. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII i SMP Negeri 1 Wlingi sebanyak 37 siswa yang menggunakan sistem full day dan kelas VII c SMP Negeri 1 Wlingi sebanyak 40 siswa yang menggunakan sistem half day. Analisis data yang dilakukan meliputi uji homogenitas dan uji independent sampel t-test. Hasil analisis diperoleh tingkat signifikansi 0 000 kurang dari 0 05 dari nilai signifikansi yang diperoleh dapat dikatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti sistem pembelajaran berpengaruh terhadap efektivitas pembelajaran siswa yang dilihat dari sarana prasarana dan profesionalisme guru. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan maka kesimpulan dari penelitian ini menyatakan bahwa sistem pembelajaran full day school berpengaruh terhadap efektivitas pembelajaran yang berarti lebih efektif daripada sistem pembelajaran half day school. Keterbatasan penelitian ini adalah peneliti tidak mengetahui perbedaan pandangan siswa tentang sistem pembelajaran yang ada. Sehingga disarankan agar sekolah-sekolah menerapkan sistem pembelajaran full day school sebagai salah satu alternatif sistem pembelajaran yang dapat diterapkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Apr 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34415

Actions (login required)

View Item View Item