Pengaruh supervisi pengajaran dan gaya kepemimpinan Kepala sekolah terhadap kinerja guru di SMA Negeri se-Kabupaten Lamongan / Citra Ratna Pertiwi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh supervisi pengajaran dan gaya kepemimpinan Kepala sekolah terhadap kinerja guru di SMA Negeri se-Kabupaten Lamongan / Citra Ratna Pertiwi

Pertiwi, Citra Ratna (2012) Pengaruh supervisi pengajaran dan gaya kepemimpinan Kepala sekolah terhadap kinerja guru di SMA Negeri se-Kabupaten Lamongan / Citra Ratna Pertiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci supervisi pengajaran gaya kepemimpinan kinerja guru Kepala sekolah di sebuah lembaga pendidikan (sekolah) keberadaaannya sangat penting dan merupakan faktor penentu utama keberhasilan sebuah sekolah. Kepala sekolah harus bertanggungjawab menjalankan kepemimpinannya dan bertugas melaksanakan supervisi pengajaran bagi para guru. Guru juga dituntut untuk mempunyai kinerja yang tinggi. Kepala sekolah selaku supervisor harus bisa memberikan supervisi yang efektif terutama kepada para guru. Hal ini dilaksanakan agar mereka mempunyai kemampuan yang lebih sehingga dapat meningkatkan kinerjanya di dalam menjalankan tugas sebagai seorang guru. Selain itu gaya kepemimpinan yang diterapkan oleh kepala sekolah sangatlah penting karena merupakan motor penggerak bagi segenap sumber daya manusia terutama guru dan personil sekolah yang lainnya. Supervisi pengajaran yang dilakukan oleh kepala sekolah dan gaya kepemimpinan yang digunakan harus benar-benar bisa merubah kemampuan dan pengetahuan guru untuk menuju ke yang lebih berkualitas agar nantinnya kinerja guru semakin meningkat. Tujuan penelitian ini ialah (1) mendeskripsikan efektifitas supervisi pengajaran (2) mendeskripsikan efektifitas gaya kepemimpinan (3) mendeskripsikan kinerja guru (4) mendeskripsikan pengaruh supervisi pengajaran terhadap kinerja guru (5) mendeskripsikan pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru dan (6) mendeskripsikan pengaruh supervisi pengajaran dan gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru di SMA Negeri se-Kabupaten Lamongan. Rancangan penelitian menggunakan deskriptif korelasional. Subjek penelitian ini guru-guru di SMA Negeri se-Kabupaten Lamongan yang berjumlah 723 guru. Sampel penelitian ini adalah 254 guru dengan pengambilan sampel menggunakan teknik proporsional random sampling. Instrumen penelitian ini berupa angket yang meliputi angket supervisi pengajaran gaya kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja guru. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data deskriptif dan regresi ganda untuk menguji pengaruh supervisi pengajaran dan gaya kepemimpinan Kepala Sekolah di SMA Negeri se-Kabupaten Lamongan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa supervisi pengajaran yang dilaksanakan oleh kepala sekolah di SMA Negeri se-Kabupaten Lamongan tergolong efektif. Hal ini terlihat dari besarnya frekuensi dan persentase yakni 95 guru (37 4%) responden menyatakan bahwa pelaksanaan supervisi pengajaran oleh kepala sekolah tergolong efektif. Penerapan gaya kepemimpinan oleh kepala sekolah di SMA Negeri se-Kabupaten Lamongan tergolong efektif. Hal ini terlihat dari besarnya frekuensi dan persentase yakni 105 guru (41 3%) responden menyatakan bahwa gaya kepemimpinan yang diterapkan oleh kepala sekolah tergolong efektif. Untuk kinerja guru SMA Negeri se-Kabupaten Lamongan tergolong tinggi. Hal ini terlihat dari besarnya frekuensi dan persentase yakni 109 guru (42 9%) responden mempunyai kinerja dengan kategori tinggi. Secara simutan ada pengaruh yang signifikan antara supervisi pengajaran (X1) dan gaya kepemimpinan kepala sekolah (X2) terhadap kinerja guru di SMA Negeri se-Kabupaten Lamongan. Secara parsial ada pengaruh yang signifikan supervisi pengajaran (X1) terhadap kinerja guru (Y) SMA Negeri se-Kabupaten Lamongan dan ada pengaruh yang signifikan gaya kepemimpinan kepala sekolah (X2) terhadap kinerja guru (Y) SMA Negeri se-Kabupaten Lamongan. Berdasarkan kesimpulan dari penelitian ini disarankan kepada Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lamongan diharapkan terus memberikan masukan dan pengarahan secara intensif kepada Kepala SMA Negeri se Kabupaten Lamongan untuk dapat menjalankan tugas dan kewajibannya sebagai pemimpin di sekolah serta sebagai supervisor bagi guru-guru. Bagi Kepala SMA Negeri se-Kabupaten Lamongan hendaknya menggunakan berbagai macam teknik supervisi pengajaran yang lain dan lebih meningkatkan intensitas pelaksanaan supervisi pengajaran kepada guru serta menerapkan berbagai macam gaya kepemimpinan yang bervariasi sesuai dengan situasi dan kondisi yang dibutuhkan oleh guru sehingga dapat meningkatkan kinerja guru. Hal ini dikarenakan supervisi pengajaran dan gaya kepemimpinan yang diterapkan oleh kepala sekolah berpengaruh langsung terhadap kinerja guru di sekolah. Bagi guru-guru di SMA Negeri se-Kabupaten Lamongan hendaknya bisa mempertahankan kinerja mereka dan terus meningkatkan kinerjanya terutama dalam hal mengajar. Bagi peneliti selanjutnya disarankan ketika mengadakan penelitian lanjutan menggunakan variabel yang berbeda atau menambah variabel yang lain serta dengan subjek yang lebih luas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 29 May 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3441

Actions (login required)

View Item View Item