Pengaruh persepsi siswa tentang perpustakaan sekolah dan profesionalisme guru terhadap prestasi belajar akuntansi siswa SMA Negeri 1 Singosari Malang / Erma Damayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh persepsi siswa tentang perpustakaan sekolah dan profesionalisme guru terhadap prestasi belajar akuntansi siswa SMA Negeri 1 Singosari Malang / Erma Damayanti

Damayanti, Erma (2011) Pengaruh persepsi siswa tentang perpustakaan sekolah dan profesionalisme guru terhadap prestasi belajar akuntansi siswa SMA Negeri 1 Singosari Malang / Erma Damayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Perpustakaan Sekolah Profesionalisme Guru Prestasi Belajar Akuntansi. Perpustakaan sekolah adalah sebuah ruangan atau gedung yang digunakan untuk menyimpan buku dan terbitan lainnya yang biasanya disimpan menurut tata susunan tertentu yang digunakan pembaca bukan untuk dijual. Tujuan perpstakaan sekolah salah satunya adalah harus digunakan oleh pemakainya. Pemakai tersebut antarqa lain guru dan siswa. Profesionalisme guru adalah pekerjaan atau kegiatan yang dilakukan oleh seseorang dan menjadi sumber penghasilan kehidupan yang memerlukan keahlian kemahiran atau kecakapan yang memenuhi standar mutu atau norma tertentu serta memerlukan pendidikan profesi sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Tujuan Penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh (1) untuk mengetahui pengaruh perpustakaan sekolah terhadap prestasi belajar akuntansi siswa (2) untuk mengetahui pengaruh profesionalisme guru terhadap prestasi belajar akuntansi siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Singosari yaitu sebanyak 76 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah teknik (random sampling) sehingga diperoleh sampel berjumlah 39 siswa. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah perpustakaan sekolah(X1) profesionalisme guru (X2) dan variabel terikatnya prestasi belajar akuntansi (Y). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian yang diperoleh (1) tidak terdapat pengaruh perputakaan sekolah terhadap prestasi belajar akuntansi siswa SMA Negeri 1 Singosari sebesar 2 002 (2) tidak terdapat pengaruh profesonalisme guru terhadap prestasi belajar akuntansi siswa SMA Negeri 1 Singosari sebesar 2 002 (3) tidak terdapat pengaruh perpustakaan sekolah dan profesionalisme guru terhadap prestasi belajar akuntansi siswa SMA Negeri 1 Singosari sebesar 0 833. Disarankan (1) Bagi kepala sekolah hendaknya menunjuk salah satu guru atau pegawai sebagai penanggung jawab perpustakaan serta melakukan pembenahan perpustakaan sekolah (2) Bagi guru diharapkan dapat melakukan komunikasi secara efektif dengan siswa sehingga dapat meningkatkan prestasi siswa (3) Bagi siswa yang prestasi belajar tidak baik diharapkan berusaha meningkatkan prestasi belajar dengan memanfaatkan fasilitas sekolah terutama perpustakaan sekolah dan mengikuti kegitan belajar mengajar dengan baik (4) penelitian selanjutnya hendaknya jumlah sampel dan populasi dikembangkan selain itu pengumpulan data hanya berupa angket dan dokumentasi sebaiknya dikembangkan berupa observasi dan wawancara dengan siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Mar 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34404

Actions (login required)

View Item View Item