Efektifitas pembelajaran dengan media animasi pada mata pelajaran akuntansi perbankan terhadap hasil belajar siswa / Eka Erny Kurnia Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektifitas pembelajaran dengan media animasi pada mata pelajaran akuntansi perbankan terhadap hasil belajar siswa / Eka Erny Kurnia Sari

Sari, Eka Erny Kurnia (2011) Efektifitas pembelajaran dengan media animasi pada mata pelajaran akuntansi perbankan terhadap hasil belajar siswa / Eka Erny Kurnia Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Media Animasi Hasil Belajar Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar mata pelajaran akuntansi perbankan pada pembelajaran menggunakan media animasi dan pembelajaran konvensional. Media animasi dalam penelitian ini dikemas dalam bentuk video pembelajaran menggunakan aplikasi gabungan program Software adobe photoshop adobe after effect dan adobe premiere sehingga mampu mengintegrasikan antara teks gambar suara video dan animasi yang menarik. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas I AK SMK PGRI 2 Malang sebagai kelas kontrol dan kelas I AK SMK PGRI 6 Malang sebagai kelompok eksperimen. Pengujian hipotesis menggunakan uji t (t-test). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen terdapat perbedaan rata-rata prestasi (post test). Perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa kelas eksperimen dengan hasil belajar siswa kelas kontrol dalam mata pelajaran akuntansi perbankan menunjukkan bahwa hasil belajar kelas eksperimen berbeda signifikan dengan hasil belajar siswa kelas kontrol. Hasil penelitian ini mendukung teori motivasi menurut Keller (dalam Oenfiati 2002) yang menyatakan bahwa motivasi merupakan konsep hipotetis untuk suatu kegiatan yang dipengaruhi oleh attention relevance confidence dan satisfaction (ARCS) serta sejalan dengan beberapa temuan empiris sebelumnya. Ada beberapa kelemahan dari penelitian ini salah satunya adalah penelitian ini hanya berlangsung selama satu kali pertemuan sehingga menyebabkan materi pelajaran akuntansi yang diajarkan pada penelitian ini hanya satu sub pokok bahasan yaitu sub pokok bahasan akuntansi kliring.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Feb 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34403

Actions (login required)

View Item View Item