Pengaruh persepsi siswa tentang kebijakan ujian nasional dan citra sekolah terhadap motivasi belajar siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Kedungwaru Tulungagung / Ardiyana Kusuma - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh persepsi siswa tentang kebijakan ujian nasional dan citra sekolah terhadap motivasi belajar siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Kedungwaru Tulungagung / Ardiyana Kusuma

Kusuma, Ardiyana (2011) Pengaruh persepsi siswa tentang kebijakan ujian nasional dan citra sekolah terhadap motivasi belajar siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Kedungwaru Tulungagung / Ardiyana Kusuma. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Persepsi siswa Kebijakan UN citra sekolah motivasi belajar Kebijakan UN yang ditetapkan pemerintah dimasudkan untuk melancarkan program Ujian Nasional. Dari banyak kebijakan akan mempunyai makna yang berbeda pula dipandangan siswa. Kebijakan yang mampu mengarahkan siswa kesuatu keberhasilan dalam meraih prestasi pasti akan memberikan kepercayadirian dan motif yang dapat menggugah semangat siswa untuk berusaha sebaik mungkin dalam mencapai tujuan. Motivasi belajar siswa juga dapat ditimbulkan dari citra sekolahnya. Apabila siswa telah merasa puas dengan kualitas sekolahnya maka akan muncl feed back yang berbentuk tingkah laku salah satunya adalah dengan meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal ini dikarenakan siswa beranggapan bahwa sekolah mereka akan berlomba-lomba untuk belajar. Penelitian ini adalah penelitian eksplanasi (explanatory research) dengan pendekatan survey. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMA Negeri 1 Kedungwaru Tulungagung yang berjumlah 130 siswa dan sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik purposive proportional sampling sehingga diperoleh 60 siswa sebagi esponden. Instrument dalam penelitian ini menggunakan angket dengan skala likert memiliki 5 alternatif jawaban dan dokumentasi. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan untuk variable persepsi siwa tentang kebijakan UN (X1) dihasilkan nilai t 2 601 dan signifikan 0 012. Nilai signifikan disini lebih kecil dari 945 5% (0 012 8804 0 05) sehingga dapat disimpulkan bahwa persepsi siswa tentang kebijakan UN berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa. Sementara untuk variable persepsi siswa tentang citra sekolah (X2) dihasilkan t 3 820 dan signifikan 0 000. Nilai signifikan disini lebih kecil dari 945 5% (0 000 8804 0 05) sehinga dapat disimpulkan bahwa persepsi siswa tentang citra sekolah berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa. Selain itu juga dihasilkan nilai F sebesar 25 190 dan signifikan 0 000. Nilai signifikan disini lebih kecil dari 945 5% (0 000 8804 0 05) sehingga dapat disimpulkan bahwa persepsi siswa tentang kebijakan UN dan citra sekolah berpengaruh secara simultan terhadap motivasi belajar siswa. Adapaun koefisien determinasi variable bebasnya (R square) adalah sebesar 0 469 atau sebesar 46 9% merupakan kontribusi dari kebijakan UN (X1) dan citra sekolah (X2) terhadap motivasi belajar siswa (Y). Sedangkan sisanya sebesar 53 1% merupakan kemungkinan berubahnya motivasi belajar siswa yang disebabkan oleh variable lain yang diteliti atau di luar penelitian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Feb 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34402

Actions (login required)

View Item View Item