Pengaruh intensitas kegiatan musyawarah guru mata pelajaran, program sertifikasi, dan keterampilan dasar mengajar, terhadap kinerja guru-guru akuntansi SMK di Kota Malang / Rulfiatul Aini - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh intensitas kegiatan musyawarah guru mata pelajaran, program sertifikasi, dan keterampilan dasar mengajar, terhadap kinerja guru-guru akuntansi SMK di Kota Malang / Rulfiatul Aini

Aini, Rulfiatul (2011) Pengaruh intensitas kegiatan musyawarah guru mata pelajaran, program sertifikasi, dan keterampilan dasar mengajar, terhadap kinerja guru-guru akuntansi SMK di Kota Malang / Rulfiatul Aini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Musyawarah Guru Mata Pelajaran Program Sertifikasi Keterampilan Dasar Mengajar dan Kinerja Guru Peningkatan kualitas guru sebagai pengajar dan pendidik harus selalu diupayakan dengan cara mengadakan perbaikan yang terus menerus untuk meningkatkan kemampuan/ kompetensinya. Salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah melalui kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) penataran studi lanjut dan program sertifikasi guru. Upaya-upaya tersebut tidak lain hanya bertujuan untuk menghasilkan guru yang kompeten sehingga menghasilkan pula guru-guru yang mempunyai kinerja yang tinggi. Kinerja guru merupakan produk akhir dari serangkaian tindakan yang telah dilakukan oleh guru. Kinerja yang tinggi akan menghasilkan prestasi kerja yang tinggi baik secara kualitas maupun kuantitas yang dicapai seorang guru dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan (Mangkunegara 2004). Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan tingkat intensitas kegiatan MGMP program sertifikasi keterampilan dasar mengajar dan kinerja guru akuntansi SMK di Kota Malang. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui Pengaruh intensitas kegiatan MGMP program sertifikasi dan keterampilan dasar mengajar terhadap kinerja guru akuntansi SMK di Kota Malang baik secara simultan maupun secara parsial. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif korelasional yaitu untuk mendeskripsikan variabel-variabel yang diteliti dan menentukan ada tidaknya pengaruh serta seberapa besar pengaruh dari variabel intensitas MGMP (X1) program sertifikasi (X2) dan keterampilan dasar mengajar (X3) terhadap kinerja guru-guru akuntansi SMK di Kota Malang (Y). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Intensitas kegiatan MGMP guru akuntansi di Kota Malang termasuk kategori sedang (39 12%) program sertifikasi guru sedang (39 12%) keterampilan dasar mengajar guru akuntansi di Kota Malang termasuk kategori sangat tinggi (43 47%) tingkat kinerja guru-guru akuntansi SMK di Kota Malang termasuk kategori sangat tinggi (43 48%). Dari hasil penelitian juga diketahui bahwa Intensitas kegiatan MGMP program sertifikasi dan keterampilan dasar mengajar berpengaruh positif terhadap kinerja guru akuntansi SMK di Kota Malang baik secara simultan maupun secara parsial. Dengan hasil penelitian ini diharapkan agar guru-guru selalu meningkatkan kegiatan MGMP nya sebagai seorang pendidik meningkatkan keterampilan dasar mengajarnya dalam bekerja dan terus menjaga atau mengaplikasikan ilmu yang didapatnya dalam program sertifikasi serta menjadi teladan bagi guru-guru lain yang belum mengikuti sertifikasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Feb 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34401

Actions (login required)

View Item View Item