Anastasia, Arya Wiga (2012) Manajemen kegiatan moving home (studi kasus di SD Anak Saleh Malang) / Arya Wiga Anastasia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci manajemen moving home. Moving Home adalah kegiatan dalam mengimplementasikan pembelajaran di mana siswa belajar mengenal lingkungan di luar lingkungan mereka. Kegiatan moving home mengajarkan kepada siswa tentang adab bertamu. Sistem pembelajaran dengan menggunakan kegiatan moving home siswa dapat menemukan hal-hal yang baru dan menumbuhkan sikap kemandirian karena siswa dalam hal ini bisa belajar dari lingkungan orang lain dan dapat memacu siswa untuk lebih kreatif lagi dalam mengatasi permasalahan belajar di kelas. Kegiatan moving home dapat meningkatkan semangat belajar siswa karena dengan belajar melalui kegiatan moving home didalamnya terdapat unsur-unsur permainan sehingga siswa tidak merasa bosan dalam belajar. Penerapan kegiatan moving home ini diharapkan dapat menciptakan suasana belajar yang terasa lebih nyaman dan menyenangkan. Penelitian tentang manajemen kegiatan moving home sangat penting sebab pada hakikatnya pendidikan itu harus bisa disesuaikan dengan apa yang ada di lingkungan tempat kita tinggal. Saat ini kebutuhan belajar siswa kurang bisa terpenuhi apabila aktivitas belajar siswa hanya berada di dalam kelas saja. Oleh karena itu pihak sekolah harus kreatif dan bisa membaca peluang-peluang yang ada dengan cara menyediakan pembelajaran yang konteksnya di luar kelas atau di rumah salah satu siswa yaitu dengan kegiatan moving home. Penelitian ini dapat menjadi acuan bagi sekolah lain yang belum menerapkan kegiatan moving home terhadap keberlangsungan proses belajar-mengajar yang dijadikan sebagai agenda rutin sekolah. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan (1) perencanaan (2) pengorganisasian (3) pelaksanaan (4) pengontrolan/evaluasi (5) faktor pendukung (6) faktor penghambat dan upaya untuk mengatasi hambatan yang ada dan (7) manfaat kegiatan moving home di SD Anak Saleh Malang. Jenis penelitian ini yang digunakan yakni penelitian kualitatif dengan rancangan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh di lapangan dilakukan analisis data untuk mendapatkan temuan penelitian. Keabsahan data diuji dengan menggunakan perpanjangan kehadiran peneliti ketekunan pengamatan dan teknik triangulasi. Berdasarkan hasil temuan penelitian ditemukan tujuh kesimpulan sebagai berikut. Pertama perencanaan kegiatan moving home guru melakukan pembentukan panitia kegiatan moving home masing-masing level kelas membuat proposal kegiatan moving home guru menentukan lokasi kegiatan moving home guru melakukan pengadaan transportasi yang akan digunakan ke lokasi kegiatan moving home dan guru melakukan pengadaan perlengkapan dalam kegiatan kegiatan moving home sebagian besar mengikuti struktur organisasi sekolah yaitu kepala sekolah sebagai penanggung jawab kegiatan guru koordinator level kelas sebagai ketua pelaksana dan guru dari masing-masing kelas sebagai pelaksana di lapangan terdapat tim khusus atau yang biasa disebut dengan forum kelas yaitu orangtua siswa. Ketiga pelaksanaan kegiatan moving home dilaksanakan berdasarkan jam efektif sekolah. Dalam pelaksanaan kegiatan moving home siswa mengerjakan soal-soal secara individu dan kelompok. Keempat pengontrolan/evaluasi kegiatan moving home dapat ditinjau dari 2 segi yaitu 1) evaluasi terhadap kinerja siswa melalui pemberian soal-soal kepada siswa dan 2) evaluasi terhadap kegiatan moving home secara keseluruhan. Evaluasi terhadap kegiatan moving home bisa di dapat dari saran dan pendapat yang disampaikan oleh orangtua siswa saat mengikuti kegiatan moving home. Kelima faktor pendukung kegiatan moving home yaitu dukungan dan kepercayaan dari kepala sekolah adanya kerja sama panitia kegiatan moving home dengan orangtua siswa keaktifan siswa saat mengikuti kegiatan moving home. Keenam faktor penghambat kegiatan moving home yaitu lokasi kegiatan moving home terlalu jauh terbatasnya transportasi ke lokasi kegiatan rumah yang dijadikan sebagai tempat kegiatan moving home terlalu sempit minimnya dana yang dibutuhkan dalam kegiatan moving home. Ketujuh manfaat kegiatan moving home dapat dirasakan oleh semua pihak yaitu guru siswa dan orangtua siswa. Selain mempererat tali silaturrahmi antara guru siswa dan orangtua siswa manfaat yang dirasakan guru salah satunya bisa melakukan inovasi pembelajaran baru yang sifatnya out door atau out class. Sedangkan manfaat yang dapat dirasakan oleh siswa yaitu bisa mengetahui adab dalam bertamu menumbuhkan sikap kemandirian pada diri siswa. Manfaat yang dirasakan oleh orangtua siswa salah satunya yaitu mudah dalam memahami kebutuhan belajar anaknya karena dalam diri anak tumbuh sikap kemandirian. Adapun saran yang diajukan dalam penelitian ini antara lain ditujukan kepada 1) bagi Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang hendaknya melakukan kegiatan sosialisasi mengenai pengertian kegiatan moving home dengan lebih sering mengadakan kegiatan sosialisasi kepada masyarakat dengan menggunakan media massa media massa dapat memberikan informasi yang tepat kepada masyarakat 2) bagi kepala SD Anak Saleh Malang hendaknya lebih melakukan pengawasan terhadap proses manajemen moving home agar mengetahui hambatan apa saja yang menjadi kendala dalam pelaksanaan moving home 3) bagi guru untuk bisa memaksimalkan lagi dalam hal pengelolaan kelasnya 4) bagi siswa agar mengikuti kegiatan moving home dengan benar 5) bagi orangtua siswa agar ikut berpartisipasi secara penuh dalam pelaksanaaan kegiatan moving home saat di lapangan 6) bagi ketua jurusan Administrasi Pendidikan hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai tambahan bahan kajian pengembangan Ilmu Manajemen Pendidikan sekaligus memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang penelitian kegiatan moving home. 7) bagi peneliti lagi disarankan untuk melakukan penelitian pengembangan untuk mengetahui proses manajemen moving home di sekolah. Selain itu juga disarankan agar bisa melakukan penelitian dengan menggunakan pendekatan penelitian dan jenis penelitian yang berbeda dengan penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 29 May 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/3440 |
Actions (login required)
View Item |