Pengaruh nilai matakuliah keahlian berkarya, serta peran dosen pembimbing lapangan dan guru pamong terhadap prestasi praktik pengalaman lapangan (PPL) mahasiswa program studi pendidikan akuntansi Jurusan Akuntansi FE UM angkatan tahun 2007 / Dwi Utari Yuniasih - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh nilai matakuliah keahlian berkarya, serta peran dosen pembimbing lapangan dan guru pamong terhadap prestasi praktik pengalaman lapangan (PPL) mahasiswa program studi pendidikan akuntansi Jurusan Akuntansi FE UM angkatan tahun 2007 / Dwi Utari Yuniasih

Yuniasih, Dwi Utari (2011) Pengaruh nilai matakuliah keahlian berkarya, serta peran dosen pembimbing lapangan dan guru pamong terhadap prestasi praktik pengalaman lapangan (PPL) mahasiswa program studi pendidikan akuntansi Jurusan Akuntansi FE UM angkatan tahun 2007 / Dwi Utari Yuniasih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Jurusan Akuntansi FE UM Angkatan Tahun 2007 baik secara parsial maupun simultan. Populasi dalam penelitian adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Jurusan Akuntansi FE UM Angkatan Tahun 2007 yang berjumlah 96 mahasiswa dan teknik pengambilan sampelnya adalah purposive sampling yaitu mahasiswa yang telah menempuh matakuliah MKB dan program PPL pada semester genap tahun ajaran 2009/2010 yang berjumlah 32 orang. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan angket. Data yang dikumpulkan dianalisis deskriptif persentase dan teknik Regresi Berganda dengan 3 prediktor. Sedangkan untuk menguji kelayakan regresi dilakukan uji asumsi klasik dan keseluruhan analisis ini menggunakan bantuan program SPSS Versi 15.00. Berdasarkan hasil analisis statistik inferensial didapat hasil yaitu terdapat pengaruh yang signifikan antara nilai MKB serta Peran Dosen Pembimbing Lapangan dan Guru Pamong terhadap Prestasi PPL baik secara parsial maupun simultan. Dengan sumbangan secara simultan sebesar 47 4% sisanya 52 6% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Nilai MKB merupakan modal berharga bagi pencapaian prestasi PPL demikian juga bimbingan pengawasan dan penilaian oleh Guru Pamong. Sedangkan peran DPL tidak signifikan mempengaruhi prestasi PPL mahasiswa karena waktu pembimbingan yang diberikan oleh DPL relative lebih sedikit kepada mahasiswa praktikan serta kontribusi penilaian dari DPL yang sangat kecil. Namun demikian hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi para DPL dan Guru Pamong untuk lebih meningkatkan kualitas pembimbingan kepada mahasiswa praktikan agar pencapaian prestasi PPL mahasiswa lebih optimal .

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Feb 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34391

Actions (login required)

View Item View Item