Novitasari, Dessy Trias (2011) Pengaruh pemberian penguatan-hukuman (reinforcement-punishment) dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS dalam mata pelajaran akuntansi di SMA Negeri 9 Malang tahun ajaran 2010/2011 / Dessy Trias Novitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci pemberian penguatan-hukuman (reinforcement-punishment) motivasi belajar siswa hasil belajar siswa Beragam permasalahan yang muncul saat kegiatan belajar mengajar menjadikan suasana belajar mengajar kurang kondusif dan menurunnya motivasi belajar siswa akibat kurang adanya interaksi antara guru dengan siswa kemunculan perilaku siswa yang kurang tepat serta pencapaian hasil belajar yang kurang optimal. Diperlukan suatu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut salah satunya melalui pemberian penguatan-hukuman sebagai bentuk respon atau tindakan guru terhadap kemunculan perilaku siswa. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui pengaruh langsung pemberian penguatan-hukuman terhadap hasil belajar siswa (2) untuk mengetahui pengaruh langsung pemberian penguatan-hukuman terhadap motivasi belajar siswa (3) untuk mengetahui pengaruh langsung motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar dan (4) untuk mengetahui pengaruh tidak langsung pemberian penguatan-hukuman terhadap hasil belajar melalui motivasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan bentuk deskriptif kuantitatif. Analisis penelitian menggunakan analisis jalur (path analisys). Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara untuk variabel pemberian penguatan-hukuman dan motivasi belajar siswa serta dokumentasi untuk hasil belajar siswa. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan adalah (1) pemberian penguatan-hukuman berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan nilai signifikansi sebesar 0 298 (2) pemberian penguatan-hukuman berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar siswa dengan nilai signifikansi sebesar 0 745 (3) motivasi belajar siswa berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan nilai signifikansi sebesar 0 598 dan (4) pemberian penguatan-hukuman berpengaruh tidak langsung terhadap hasil belajar siswa melalui motivasi belajar siswa dengan diperoleh nilai secara manual yakni sebesar 0 446. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa pemberian penguatan-hukuman berpengaruh terhadap kemunculan motivasi belajar siswa sehingga hasil belajar siswa dapat tercapai secara optimal. Berdasarkan hasil penelitian tersebut saran yang dapat diberikan adalah (1) bagi peneliti selanjutnya diharapkan menggunakan variabel lain seperti minat belajar maupun kemampuan profesional guru apabila akan mengambil masalah serupa untuk memperluas informasi tentang permasalahan yang terjadi dalam kegiatan belajar mengajar (2) teknik penelitian yang digunakan dapat diperluas dengan menggunakan penelitian tindakan kelas maupun eksperimen.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 Feb 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/34389 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |