Pengembangan multimedia pembelajaran dengan macromedia flash professional 8 pada mata pelajaran akuntansi sekolah menengah kejuruan / Minarti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia pembelajaran dengan macromedia flash professional 8 pada mata pelajaran akuntansi sekolah menengah kejuruan / Minarti

Minarti (2011) Pengembangan multimedia pembelajaran dengan macromedia flash professional 8 pada mata pelajaran akuntansi sekolah menengah kejuruan / Minarti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pengembangan Multimedia Pembelajaran Macromedia Flash Professional 8 Mata Pelajaran Akuntansi Berdasarkan observasi yang dilakukan penulis saat melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan II di SMK Negeri 1 Malang pada mata pelajaran akuntansi yang hakikatnya mempunyai karakteristik bukan mata pelajaran hafalan tetapi memerlukan banyak latihan dan keterampilan masih bersifat verbalis dan berpusat pada guru. Pengajaran yang terkesan konvensional tersebut selain kurang maksimal dalam memenuhi kebutuhan siswa juga terasa membosankan. Oleh karena itu diperlukan media pembelajaran yang bersifat mandiri yang dapat membuat pembelajaran lebih menarik efektif dan efisien. Salah satu media pembelajaran yang berkembang saat ini adalah multimedia. Multimedia pembelajaran yang dikembangkan mencakup beberapa komponen yaitu teks gambar suara video dan animasi dengan muatan materi jurnal penyesuaian pada siklus akuntansi perusahaan jasa. Program multimedia pembelajaran ini dirancang dengan menggunakan program Macromedia Flash Professional 8 dan dikemas dalam CD yang dijalankan secara otomatis. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Jenis angket yang digunakan yaitu angket terbuka dan angket tertutup. Angket terbuka menghasilkan jenis data kualitatif yaitu berupa saran kritik dan pendapat secara umum terhadap multimedia pembelajaran. Sedangkan angket tertutup menghasilkan jenis data kuantitatif yaitu skor hasil evaluasi penilaian terhadap multimedia pembelajaran yang menggunakan skala Likert. Data kuantitatif tersebut kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif persentase. Dan memperoleh skor persentase 83 19% dari validasi ahli materi 97 50% dari ahli media dan 89 44% dari uji coba lapangan terbatas sehingga secara keseluruhan didapatkan skor persentase sebesar 90 04% dan dapat disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran dengan macromedia flash professional 8 pada mata pelajaran akuntansi sekolah menengah kejuruan valid/layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Feb 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34387

Actions (login required)

View Item View Item