Pengaruh lingkungan keluarga dan persepsi siswa tentang sarana sekolah terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS di SMAN 1 Probolinggo / Moch. Firul Huda - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh lingkungan keluarga dan persepsi siswa tentang sarana sekolah terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS di SMAN 1 Probolinggo / Moch. Firul Huda

Huda, Moch. Firul (2010) Pengaruh lingkungan keluarga dan persepsi siswa tentang sarana sekolah terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS di SMAN 1 Probolinggo / Moch. Firul Huda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Lingkungan Keluarga Persepsi Siswa tentang Sarana Sekolah Hasil Belajar Pencapaian tujuan belajar dapat diindikasikan melalui hasil belajar siswa. Hasil belajar yang baik dapat dicapai dengan melakukan aktivitas belajar yang optimal oleh siswa. Faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa dapat berupa faktor endogen dan eksogen. Faktor endogen meliputi faktor biologis dan psikologis. Faktor eksogen meliputi faktor lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh baik secara parsial maupun simultan lingkungan keluarga dan persepsi siswa tentang sarana sekolah terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Probolinggo dan subyek penelitiannya siswa kelas XI IPS SMAN 1 Probolinggo. Jumlah populasi sebanyak 53 siswa dan semuanya digunakan sebagai sampel (total sampling) Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanasi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Pearson Product Moment untuk uji validitas Alpha Cronbach untuk uji reliabilitas dan regresi berganda untuk mengetahui pengaruh baik secara parsial maupun simultan dari variabel-variabel independen terhadap variabel dependennya. Dari hasil analisis data diketahui terdapat pengaruh antara lingkungan keluarga terhadap hasil belajar mata pelajaran akuntansi dengan hasil analisis regresi nilai koefisien beta terstandarisasi sebesar 0 307 dan persepsi siswa tentang sarana sekolah terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran akuntansi dengan hasil analisis regresi nilai koefisien beta terstandarisasi sebesar 0 317. Terdapat pengaruh simultan antara lingkungan keluarga dan persepsi siswa tentang sarana sekolah terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran akuntansi dengan hasil analisis regresi berganda menujukkan nilai Adjusted R Square sebesar 0 238. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan pada pihak keluarga untuk memberikan dukungan baik secara moral material dan spiritual kepada siswa dalam proses belajar di rumah. Pihak sekolah hendaknya turut mengetahui bagaimana kondisi lingkungan keluarga siswa sebagai latar belakang perilaku dan pendidikannya. Selain itu pihak sekolah harus selalu mengupayakan atau menghadirkan sarana sekolah yang memadai dan sesuai standar bagi pelaksana pembelajaran yang diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 Nov 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34381

Actions (login required)

View Item View Item