Pengaruh pendidikan kecakapan hidup terhadap prestasi belajar siswa akuntansi kelas XII SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen tahun ajaran 2010/2011 / Dini Norma Yulia - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pendidikan kecakapan hidup terhadap prestasi belajar siswa akuntansi kelas XII SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen tahun ajaran 2010/2011 / Dini Norma Yulia

Yulia, Dini Norma (2010) Pengaruh pendidikan kecakapan hidup terhadap prestasi belajar siswa akuntansi kelas XII SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen tahun ajaran 2010/2011 / Dini Norma Yulia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pendidikan Kecakapan Hidup Prestasi Belajar Perkembangan teknologi dan informasi yang semakin maju menimbulkan persaingan antar negara menjadi kompetitif dan menuntut kesiapan sumber daya manusia yang berkualitas. Untuk menghadapi persaingan tersebut maka generasi muda penerus bangsa diharapkan bisa membangun negaranya. Salah satunya adalah dengan menuntut ilmu setinggi mungkin memiliki keterampilan yang bermanfaat serta mampu berpikir aktif kreatif dan inovatif agar mampu mempertahankan budaya Indonesia dari pengaruh budaya asing. Oleh karena itu diperlukan adanya pendidikan kecakapan hidup terutama bagi siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Penelitian merupakan penelitian deskriptif korelasional dengan pendekatan kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh kecakapan personal terhadap prestasi belajar siswa akuntansi kelas XII SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen Tahun Ajaran 2010/2011. (2) Pengaruh kecakapan sosial terhadap prestasi belajar siswa akuntansi kelas XII SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen Tahun Ajaran 2010/2011. (3) Pengaruh kecakapan akademik terhadap prestasi belajar siswa akuntansi kelas XII SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen Tahun Ajaran 2010/2011. (4) Pengaruh kecakapan vokasional terhadap prestasi belajar siswa akuntansi kelas XII SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen Tahun Ajaran 2010/2011. penelitian ini menggunakan populasi sebagai subjek penelitian yaitu sebanyak 58 responden. Instrumen penelitian yang digunakan adalah metode kuesioner (angket) dan dokumentasi. Teknis analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS 13.00 for Windows. Berdasarkan analisis data dapat diketahui bahwa (1) Terdapat pengaruh positif antara kecakapan personal terhadap prestasi belajar siswa. (2) Terdapat pengaruh positif antara kecakapan sosial terhadap prestasi belajar siswa. (3) Terdapat pengaruh positif antara kecakapan akademik terhadap prestasi belajar siswa. (4) Terdapat pengaruh positif antara kecakapan vokasional terhadap prestasi belajar siswa. Dari hasil penelitian ini penulis dapat memberikan saran kepada pihak sekolah untuk selalu meningkatkan iklim akademis yang baik dan bagi guru disarankan lebih kreatif dan tepat menentukan metode pembelajaran yang inovatif sehingga siswa lebih termotivasi untuk belajar. Bagi Universitas Negeri Malang diharapkan adanya follow up dari penelitian yang terbukti kompeten dalam rangka peningkatan mutu pendidikannya sedangkan bagi peneliti lain yang akan mengadakan penelitian sejenis disarankan variabel yang diteliti lebih dikembangkan lagi sehingga dapat mengungkapkan lebih banyak permasalahan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Nov 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34378

Actions (login required)

View Item View Item