Implementasi sistem manajemen mutu ISO 9001:2008 dan kepemimpinan dalam meningkatkan kualitas lulusan siswa Jurusan Akuntansi (studi kasus pada SMK Negeri 1 Malang) / Dinda Ragil Aprilianti - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi sistem manajemen mutu ISO 9001:2008 dan kepemimpinan dalam meningkatkan kualitas lulusan siswa Jurusan Akuntansi (studi kasus pada SMK Negeri 1 Malang) / Dinda Ragil Aprilianti

Aprilianti, Dinda Ragil (2010) Implementasi sistem manajemen mutu ISO 9001:2008 dan kepemimpinan dalam meningkatkan kualitas lulusan siswa Jurusan Akuntansi (studi kasus pada SMK Negeri 1 Malang) / Dinda Ragil Aprilianti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 2008 Kepemimpinan. Manajemen pendidikan dan pelatihan dalam sistem manajemen mutu memerlukan seperangkat standar mutu yang disepakati oleh banyak negara dan diakui secara nasional maupun internasional. Standar tersebut adalah ISO yang berfungsi sebagai auditor eksternal yang independen (independent external auditor). Proses untuk memperoleh ISO 9001 2008 tentunya sangat sulit karena harus melalui seleksi audit dan tahap yang ketat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keberhasilan SMKN 1 Malang dalam mengimplementasikan Sistem Manajemen Mutu (SMM) ISO 9001 2008. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode pengamatan wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara bertahap melalui metode mereduksi data menyajikan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan (1) alasan diperlukannya ISO 9001 2008 bagi SMKN 1 Malang yaitu untuk standarisasi manajemen meningkatkan kualitas lulusan dan meningkatkan kepuasan pelanggan (2) strategi yang dilakukan sekolah dalam memperoleh sertitikat ISO 9001 2008 adalah membangun komitmen seluruh anggota sekolah membentuk tim koordinator ISO dan tim audit internal melakukan pembenahan diri untuk meningkatkan kualitas sekolah memberikan pelatihan dari VEDC implementasi ISO 9001 2008 melakukan audit internal (pre audit) dan audit eksternal yang dilakukan oleh SAI GLOBAL dan sertifikasi (3) manfaat yang diperoleh dengan adanya ISO 9001 2008 adalah memberikan pelayanan yang lebih baik kepada siswa meningkatkan daya saing sekolah memperoleh data akurat sebagai acuan untuk mengambil suatu keputusan dan meningkatkan mutu lulusan (4) pelaksanaan ISO 9001 2008 di SMKN 1 Malang sudah berjalan dengan baik (5) dampak dari ISO 9001 2008 bagi SMKN 1 Malang adalah peluang kerja lebih besar kesempatan untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi dan meningkatkan kepuasan pelanggan atas lulusan maupun siswa yang belum lulus (6) Kendala dalam pengimplementasian ISO 9001 2008 adalah kebutuhan dana dan aplikasi penerapan sistem (7) Kepala sekolah merupakan the key person dalam keberhasilan (prestasi) pendidikan di sekolah. Dalam Manajemen Mutu Terpadu (MMT) keberhasilan sekolah diukur dari tingkat kepuasan pelanggan. Saran yang diajukan adalah (1) bagi SMKN 1 Malang agar secara terus menerus menerapkan ISO 9001 2008 agar sekolah mendapatkan kepercayaan dari pelanggan dan dapat bersaing dengan sekolah lainnya (2) bagi Dinas Pendidikan agar mengawasi proses pengimplementasian ISO dan proses audit (3) bagi SMK yang belum menerapkan ISO 9001 2008 agar mengimplementasikan ISO 9001 2008. iv

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Nov 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34377

Actions (login required)

View Item View Item