Pengaruh implementasi moving class dan pembelajaran team teaching terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi di SMA Negeri 10 Malang / Nindya Novitasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh implementasi moving class dan pembelajaran team teaching terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi di SMA Negeri 10 Malang / Nindya Novitasari

Novitasari, Nindya (2010) Pengaruh implementasi moving class dan pembelajaran team teaching terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi di SMA Negeri 10 Malang / Nindya Novitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Moving Class Team Teaching Motivasi Belajar Siswa Dalam kegiatan pembelajaran perhatian atau motivasi berperan amat penting sebagai langkah awal yang akan memacu aktivitas-aktivitas berikutnya. Moving class merupakan sistem belajar mengajar yang bercirikan siswa yang mendatangi guru atau kelas bidang studi dengan pendekatan kelas serta memberikan lingkungan yang dinamis sesuai dengan pelajaran yang dipelajarinya. Team teaching merupakan salah satu bentuk strategi pembelajaran yang melibatkan dua orang guru atau lebih dalam proses pembelajaran siswa dengan pembagian peran dan tanggung jawab secara jelas dan seimbang dengan berinti pada pendekatan individual. Melalui dua sistem pembelajaran ini siswa cenderung lebih termotivasi untuk belajar karena dua sistem ini berpusat pada keaktifan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh antara implementasi moving class terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi di SMA Negeri 10 Malang. (2) Pengaruh antara pembelajaran team teaching terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi di SMA Negeri 10 Malang. (3) Pengaruh implementasi moving class dan pembelajaran team teaching terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi di SMA Negeri 10 Malang. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS sebanyak 224 siswa. Sampel yang digunakan sebanyak 59 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik Proportional Random Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah metode kuesioner (angket). Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda dengan bantuan komputer program SPSS 13.0 for windows. Berdasarkan analisis data dapat diketahui bahwa (1) terdapat pengaruh positif antara implementasi moving class terhadap motivasi belajar siswa. (2)terdapat pengaruh positif antara pembelajaran team teaching terhadap motivasi belajar siswa. (3)terdapat hubungan simultan yang positif antara implementasi moving class dan pembelajaran team teaching terhadap motivasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 10 Malang. Dari hasil penelitian ini penulis dapat memberikan saran kepada pihak sekolah untuk selalu meningkatkan iklim akademis yang baik dan bagi guru disarankan lebih kreatif dan tepat menentukan metode pembelajaran yang inovatif sehingga siswa lebih termotivasi untuk belajar. Bagi Universitas Negeri Malang diharapkan adanya follow up dari penelitian yang terbukti kompeten dalam rangka peningkatan mutu pendidikannya sedangkan bagi peneliti lain yang akan mengadakan penelitian sejenis disarankan variabel yang diteliti lebih ii dikembangkan lagi sehingga dapat mengungkapkan lebih banyak permasalahan yang terdapat dalam fakta di lapangan. Bagi peneliti sendiri disarankan untuk mampu mengembangkan ilmunya dalam mengaplikasikan metode-metode pembelajaran yang lebih inovatif saat terjun di lapangan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Nov 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34375

Actions (login required)

View Item View Item