Dewi, Riski Utami (2010) Pengaruh kompetensi guru akuntansi dan motivasi kerja terhadap kinerja guru bidang studi akuntansi SMA Negeri se Kabupaten Blitar / Riski Utami Dewi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci kompetensi guru motivasi kerja dan kinerja guru Pendidikan memegang peranan penting dalam meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas. Untuk itulah pemerintah menetapkan Standar Nasional Pendidikan. Salah satunya adalah standar pendidik dan tenaga kependidikan dimana guru sebagai salah satu komponennya diharapkan memiliki kompetensi (kompetensi pedagogik kompetensi kepribadian kompetensi profesional dan kompetensi sosial) dan motivasi kerja yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) apakah ada pengaruh kompetensi guru terhadap kinerja guru bidang studi akuntansi SMA Negeri se-Kabupaten Blitar 2) apakah ada pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru bidang studi akuntansi SMA Negeri se-Kabupaten Blitar dan 3) apakah ada pengaruh secara simultan kompetensi guru dan motivasi kerja terhadap kinerja guru bidang studi akuntansi SMA Negeri se-Kabupaten Blitar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksplanasi dengan pendekatan survey. Populasi penelitian ini adalah guru akuntansi SMA Negeri se-Kabupaten Blitar dengan jumlah 30 orang. Seluruh guru akuntansi tersebut dijadikan sebagai sampel penelitian. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner kompetensi guru kuesioner motivasi guru dan kuesioner kinerja guru. Metode analisa data yang digunakan adalah analisa regresi linier berganda dengan uji asumsi klasik uji t dan uji F serta sumbangan efektif untuk mengetahui pengaruh secara simultan. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan 1) ada pengaruh yang signifikan kompetensi guru terhadap kinerja guru bidang studi akuntansi SMA Negeri se-Kabupaten Blitar 2) ada pengaruh yang signifikan motivasi kerja terhadap kinerja guru bidang studi akuntansi SMA Negeri se-Kabupaten Blitar dan 3) ada pengaruh yang signifikan secara simultan kompetensi guru dan motivasi kerja terhadap kinerja guru bidang studi akuntansi SMA Negeri se-Kabupaten Blitar. Berdasarkan kesimpulan di atas maka diajukan saran-saran yaitu 1) kepada guru untuk lebih meningkatkan kompetensi melalui program pelatihan-pelatihan secara mandiri ataupun pelatihan yang diadakan oleh instansi dalam rangka peningkatan kompetensinya 2) kepada kepala sekolah wakil kepala sekolah untuk memperhatikan kompetensi guru agar didapatkan out put lulusan yang berkualitas 3) kepada peneliti selanjutnya yang tertarik dengan tema sejenis disarankan agar melakukan penelitian lanjutan dengan menggunakan prosedur penggalian data penelitian yang lebih baik lagi misalnya untuk menggali data tentang kinerja bisa menggunakan alat penilaian kinerja guru yang telah baku.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 28 Oct 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/34371 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |