Pengaruh minat dan motivasi menjadi guru terhadap hasil belajar mahasiswa program kependidikan (studi kasus mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang angkatan 2007) / Nita Habsari Handayaningrum - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh minat dan motivasi menjadi guru terhadap hasil belajar mahasiswa program kependidikan (studi kasus mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang angkatan 2007) / Nita Habsari Handayaningrum

Handayaningrum, Nita Habsari (2010) Pengaruh minat dan motivasi menjadi guru terhadap hasil belajar mahasiswa program kependidikan (studi kasus mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang angkatan 2007) / Nita Habsari Handayaningrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Hasil Belajar Minat Motivasi Guru Hasil belajar mahasiswa tentunya dipengaruhi oleh banyak faktor diantaranya adalah minat dan motivasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh minat dan motivasi menjadi guru terhadap hasil belajar mahasiswa. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan dua variabel bebas dan dua variabel terikat. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah minat dan motivasi menjadi guru sedangkan variabel terikat yaitu hasil belajar ranah kognitif dan afektif mahasiswa. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa prodi pendidikan akuntansi angkatan 2007 sebanyak 163 mahasiswa dan diambil sampel sebanyak 61 mahasiswa secara convenience. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi dan kuesioner yang diberikan kepeda responden dan dianalisis menggunakan Multiple Linier Regression Analysis dengan bantuan SPSS 16.0 for Windows. Penelitian ini menggunakan dua kali uji regresi untuk mengetahui pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat (hasil belajar ranah kognitif dan afektif) secara terpisah. Hasil penelitian regresi pertama menunjukkakn bahwa Fhitung sebesar 7 606 lebih besar dari Ftabel sebesar 3 15 pada taraf kepercayaan sebesar 95 % maka hipotesis diterima atau hasil belajar ranah kognitif dipengaruhi minat dan motivasi menjadi guru. thitung pada variabel minat sebesar 3 480 dan ttabel 2 002 karena thitung lebih besar dari ttabel maka minat menjadi guru mempengaruhi hasil belajar ranah kognitif. thitung sebesar pada variabel motivasi 1 701 lebih kecil dari ttabel 2 002 sehingga hipotesisnya ditolak atau hasil belajar ranah kognitif dipengaruhi variabel selain motivasi menjadi guru. Hasil belajar ranah afektif Fhitung sebesar 9 962 dan Ftabel sebesar 3 15 karena Fhitung lebih besar dari Ftabel maka hasil belajar ranah afektif dipengaruhi minat dan motivasi menjadi guru. thitung pada variabel minat sebesar 3 132 dan pada variabel motivasi 3 127 dengan ttabel 2 002 karena thitung lebih besar dari ttabel maka hipotesisnya diterima atau minat dan motivasi menjadi guru mempengaruhi hasil belajar ranah afektif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar baik ranah kognitif maupun ranah afektif secara simultan dipengaruhi oleh minat dan motivasi menjadi guru tetapi secara parsial motivasi menjadi guru tidak mempengaruhi hasil belajar ranah kognitif artinya terdapat faktor-faktor lain yang mempengaruhi hasil belajar ranah kognitif. Saran yang dapat diberikan pada calon mahasiswa sebaiknya memilih jurusan yang sesuai dengan minatnya agar kegiatan belajar mengajar terasa menyanangkan dan memperoleh hasil belajar yang memuaskan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Oct 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34370

Actions (login required)

View Item View Item