Pengaruh iklim kerja sekolah dan motivasi kerja guru terhadap kinerja guru di SMK Muhammadiyah 05 Kepanjen / Tri Puji Rahayu - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh iklim kerja sekolah dan motivasi kerja guru terhadap kinerja guru di SMK Muhammadiyah 05 Kepanjen / Tri Puji Rahayu

Rahayu, Tri Puji (2010) Pengaruh iklim kerja sekolah dan motivasi kerja guru terhadap kinerja guru di SMK Muhammadiyah 05 Kepanjen / Tri Puji Rahayu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Iklim Kerja Sekolah Motivasi Kerja Guru Kinerja Guru Keberhasilan pendidikan merupakan cerminan kenerja guru di sekolah. Guru dituntut memiliki kinerja yang mampu memberikan dan merealisasikan harapan dan keinginan semua pihak terutama masyarakat umum untuk membina dan mendidik siswanya. Dalam prosesnya kinerja dipengaruhi banyak faktor diantaranya iklim kerja sekolah dan motivasi guru. Penelitian dilakukan di SMK Muhammadiyah 05 Kepanjen dengan pertimbangan sebagai sekolah swasta SMK Muhammadiyah 05 telah memiliki nama dan citra yang bagus di masyarakat Kepanjen selain itu mayoritas pengajarnya yang berlatar belakang sebagai guru negeri dan hanya mengajar di SMK Muhammadiyah 05 menjadi hal yang menarik untuk diteliti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pengaruh iklim kerja di lingkungan sekolah terhadap kinerja guru 2) pengaruh motivasi guru terhadap kinerja guru 3) pengaruh iklim kerja terhadap motivasi guru dan 4) pengaruh iklim kerja melalui motivasi terhadap kinerja guru. Penelitian ini termasuk penelitian eksplanasi yang digunakan untuk mengukur hubungan antar variabel yang dihipotesiskan. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru pengajar SMK Muhammadiyah 05 Kepanjen yang berjumlah 44 orang. Instrumen penelitian menggunakan angket. Uji validitas menggunakan pearson correlation product moment uji realibilitas menggunakan alpha cronbach dan analisis data menggunakan path analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) iklim kerja sekolah berpengaruh positif terhadap kinerja guru 2) motivasi kerja guru berpengaruh positif terhadap kinerja guru dan 3) iklim kerja berpengaruh positif terhadap iklim kerja sekolah 4) iklim kerja berpengaruh positif terhadap kinerja guru melalui motivasi kerja guru. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan (1) Sekolah harus tetap memelihara kondisi iklim kerja dan motivasi kerja guru (2) Bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk mengembangkan permasalahan-permasalahan dan menggunakan instrument lain agar dapat mengungkapkan lebih banyak permasalahan serta dapat memberikan temuan yang lebih berarti.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Oct 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34366

Actions (login required)

View Item View Item