Perbandingan kemampuan dalam penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) antara guru akuntansi yang sudah bersertifikasi dan yang belum bersertifikasi di beberapa SMA Negeri di Kabupaten Ngawi / Arina Yustin Sabayingrum - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbandingan kemampuan dalam penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) antara guru akuntansi yang sudah bersertifikasi dan yang belum bersertifikasi di beberapa SMA Negeri di Kabupaten Ngawi / Arina Yustin Sabayingrum

Sabayingrum, Arina Yustin (2010) Perbandingan kemampuan dalam penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) antara guru akuntansi yang sudah bersertifikasi dan yang belum bersertifikasi di beberapa SMA Negeri di Kabupaten Ngawi / Arina Yustin Sabayingrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) guru akuntansi yang sudah bersertifikasi dan yang belum bersertifikasi Perencanaan pembelajaran melalui penyusunan RPP merupakan tahapan penting yang harus dilakukan guru sebelum melaksanakan kegiatan belajar-mengajar RPP harus disusun secara rinci dan sistematis serta jelas isi dan maksudnya sehingga mudah dipahami dan dapat dijadikan pedoman guru pada saat pelaksanaan pembelajaran serta dapat digunakan untuk mengadakan evaluasi terhadap proses pembelajaran di kelas. Guru memegang peranan penting dalam menentukan kompetensi dan keberhasilan peserta didik terutama dalam kaitannya dengan proses belajar-mengajar sehingga harus didukung oleh guru yang profesional dan berkualitas pula. Sehubungan dengan itu pemerintah terus meningkatkan kualitas dan kinerja profesi guru melalui sertifikasi guru. Sertifikasi merupakan pengakuan kepada guru sebagai tenaga profesional. Hal tersebut yang menimbulkan dugaan bahwa seharusnya ada perbedaan kemampuan dalam penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) antara guru akuntansi yang sudah bersertifikasi dan yang belum bersertifikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan dalam penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dibuat antara guru akuntansi yang sudah bersertifikasi dengan yang belum bersertifikasi di beberapa SMA Negeri di kabupaten Ngawi Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan studi komparatif sedangkan kasus penelitian ini adalah guru akuntansi yang sudah bersertifikasi dan yang belum bersertifikasi di beberapa SMA Negeri di kabupaten Ngawi. Kasus penelitian sebanyak 8 guru akuntansi 4 sudah bersertifikasi dan 4 belum bersertifikasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi berupa hasil penilaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dikembangkan guru. Data penelitian dianalisis secara deskriptif dengan tabel persentase Hasil penelitian ini menunjukkan tidak ada perbedaan kemampuan dalam penyusunan RPP antara guru akuntansi yang sudah bersertifikasi dan yang belum bersertifikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan agar guru akuntansi baik yang sudah bersertifikasi maupun belum bersertifikasi menyusun RPP dengan benar dan lebih terperinci dan juga diharapkan adanya penelitian lebih lanjut dengan menggunakan kasus yang lebih luas dalam penelitian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Oct 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34365

Actions (login required)

View Item View Item