Pengaruh kualitas input, ketersediaan fasilitas sekolah, dan ketersediaan sumber belajar di rumah terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS mata pelajaran akuntansi di SMA Laboratorium UM tahun ajaran 2009/2010 / Devi Dwi Novitasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kualitas input, ketersediaan fasilitas sekolah, dan ketersediaan sumber belajar di rumah terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS mata pelajaran akuntansi di SMA Laboratorium UM tahun ajaran 2009/2010 / Devi Dwi Novitasari

Novitasari, Devi Dwi (2010) Pengaruh kualitas input, ketersediaan fasilitas sekolah, dan ketersediaan sumber belajar di rumah terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS mata pelajaran akuntansi di SMA Laboratorium UM tahun ajaran 2009/2010 / Devi Dwi Novitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Kualitas Input Ketersediaan Fasilitas Sekolah Ketersediaan Sumber Belajar di Rumah Prestasi Belajar Peningkatan mutu pendidikan selalu diupayakan agar dapat mencetak Sumber Daya Manusia yang berguna bagi pembangunan. Untuk mencapai tujuan peningkatan mutu pendidikan tersebut maka harus ada keseimbangan antara sistem tenaga pendidik peserta didik dan sarana pendukung kegiatan belajar mengajar. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi peningkatan mutu pendidikan baik internal maupun eksternal. Faktor eksternal diantaranya kualitas input ketersediaan fasilitas sekolah dan ketersediaan sumber belajar di rumah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial antara kualitas input ketersediaan fasilitas sekolah dan ketersediaan sumber belajar di rumah terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi di SMA Lab UM. Penelitian ini dilakukan di SMA Lab UM. Sampel penelitian ini adalah 53 siswa dari populasi 111 siswa kelas XI IPS SMA Lab UM. Teknik pengambilan sampelnya menggunakan proportional random sample. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif korelasional. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial ada pengaruh positif antara kualitas input ketersediaan fasilitas sekolah dan ketersediaan sumber belajar di rumah terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS mata pelajaran akuntansi di SMA Lab UM tahun ajaran 2009/2010 sebesar 70 4% sedangkan 29 6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Saran yang dapat diberikan yaitu (1) Pihak sekolah khususnya kepala sekolah hendaknya dalam melaksanakan seleksi penerimaan siswa baru SMA Lab UM tidak hanya sebatas melihat dari segi Nilai Ujian Nasional (NUN) saja namun sebaiknya juga memperhatikan hal-hal lain seperti tes yang diadakan di sekolah agar memperoleh kualitas input yang benar-benar berkualitas (2) Pihak sekolah hendaknya menyediakan atau memperbaiki sumber belajar atau fasilitas belajar di sekolah sebagai pengganti sumber belajar siswa yang tidak tersedia di rumah (3) Pihak sekolah (guru) untuk selalu menggunakan atau memanfaatkan fasilitas yang ada di sekolah seperti penggunaan internet dalam pemberian tugas kepada para siswanya (4) Bagi siswa untuk selalu menggunakan atau memanfaatkan fasilitas sekolah yang sudah tersedia dengan semaksimal mungkin (5) Para orang tua perlu memperhatikan fasilitas belajar dan aktivitas belajar anak serta membimbingnya agar giat dalam belajar dan mencapai prestasi yang lebih baik (6) Bagi siswa untuk selalu melengkapi sumber belajarnya yang ada di rumah dan memanfaatkan semaksimal mungkin.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Oct 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34364

Actions (login required)

View Item View Item