Pengaruh program sertifikasi terhadap kinerja guru yang telah tersertifikasi di SMA Negeri 2 Pare / Devi Dyah Kusumawardhani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh program sertifikasi terhadap kinerja guru yang telah tersertifikasi di SMA Negeri 2 Pare / Devi Dyah Kusumawardhani

Kusumawardhani, Devi Dyah (2010) Pengaruh program sertifikasi terhadap kinerja guru yang telah tersertifikasi di SMA Negeri 2 Pare / Devi Dyah Kusumawardhani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Program Serifikasi Guru Kinerja Guru Guru memegang peran utama dalam pembangunan pendidikan khususnya yang diselenggarakan secara formal di sekolah. Guru juga sangat menentukan keberhasilan peserta didik terutama dalam kaitannya dengan proses belajar mengajar. Guru merupakan komponen yang paling berpengaruh terhadap terciptanya proses dan hasil pendidikan yang berkualitas. Oleh karena itu upaya perbaikan apapun yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan tidak akan memberikan sumbangan yang berarti tanpa didukung oleh guru yang profesional dan berkualitas. Dengan lahirnya Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen maka prospek guru di masa mendatang sebagai guru yang profesional sejahtera dan terlindungi akan terwujud. Pengakuan kedudukan guru dan dosen sebagai tenaga profesional dibuktikan dengan sertifikat pendidik yang diperoleh melalui uji sertifikasi (UUGD No. 14 Tahun 2005 pasal 2 dan 3). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan 1)bagaimana kinerja guru yang telah tersertifikasi di SMA Negeri 2 Pare 2) pengaruh antara program sertifikasi guru terhadap kinerja guru yang telah tersertifikasi di SMA Negeri 2 Pare. Rancangan penelitian ini adalah penelitian eksplananasi dengan pendekatan kuantitatif. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linear sederhana. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 35 orang. Dalam penelitian ini instrumen yang digunakan adalah kuesioner atau angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program sertifikasi guru berpengaruh positif terhadap kinerja guru yang telah tersertifikasi di SMA Negeri 2 Pare. Hal tersebut ditunjukkan dengan nilai koefisien beta bernilai positif yaitu sebesar 0.892 sehingga hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima. Berhubung nilai R square yaitu sebesar 0 795 atau 79 5% artinya bahwa variabel kinerja guru (Y) dipengaruhi oleh program sertifikasi guru (X) sebesar 79 5% dan sisanya 20 5% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Berdasarkan hasil penelitian saran yang dapat diberikan mengacu pada hasil temuan yang menyatakan bahwa program sertifikasi guru berpengaruh positif terhadap kinerja guru maka hendaknya semua guru tetap menjaga dan harus meningkatkan kompetensi profesionalitas guna terciptanya peningkatan terhadap mutu pendidikan. Selain itu Kepala Sekolah hendaknya selalu melakukan pengawasan kepada guru yang telah tersertifikasi agar keprofesionalitasnya/kinerjanya terus meningkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Oct 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34362

Actions (login required)

View Item View Item