Pengaruh persepsi siswa atas keterampilan mengajar guru dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Malang / Euis Kantarinata - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh persepsi siswa atas keterampilan mengajar guru dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Malang / Euis Kantarinata

Kantarinata, Euis (2010) Pengaruh persepsi siswa atas keterampilan mengajar guru dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Malang / Euis Kantarinata. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Persepsi Siswa atas Keterampilan Mengajar Guru Motivasi Belajar Prestasi Belajar Akuntansi Mutu pendidikan saat ini perlu ditingkatkan untuk mencapai tujuan pendidikan nasional yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa. Guru mempunyai peranan yang cukup besar dalam menentukan keberhasilan peserta didik untuk mencapai tujuan pendidikan. Peranan guru sangat penting dalam pelaksanaan pendidikan karena guru adalah pihak yang paling dekat berhubungan dengan peserta didik dalam pelaksanaan pendidikan di sekolah. Dengan kata lain keterampilan mengajar guru diperlukan dalam proses kegiatan belajar mengajar yang berimplikasi terhadap kualitas prestasi belajar siswa dan motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh baik secara parsial maupun simultan persepsi siswa atas keterampilan mengajar guru dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar akuntansi siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanasi. Data diambil dari populasi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Malang. Teknik pengambilan sampelnya menggunakan proportional random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan Pearson Product Moment untuk uji validitas Alpha Cronbanch untuk uji reliabilitas dan regresi berganda untuk mengetahui pengaruh baik secara parsial maupun simultan dari variabel-variabel dalam penelitian. Dari hasil analisis data diketahui terdapat pengaruh parsial antara persepsi siswa atas keterampilan mengajar guru terhadap prestasi belajar dengan nilai sig t (0 011) 945 0 050 dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai sig t (0 021) 945 0 050. Terdapat pula pengaruh simultan antara persepsi siswa atas keterampilan mengajar guru dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar akuntansi siswa dengan nilai sig F (0 039) 945 0 050. Nilai R square sebesar 0 141 menunjukkan bahwa variabel persepsi siswa atas keterampilan mengajar guru dan motivasi belajar secara bersama-sama mempengaruhi prestasi belajar siswa sebesar 14 1%. Sedangkan sisanya dipengaruhi variabel lain di luar penelitian. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan para guru untuk mengikuti diklat pendidikan tingkat kabupaten/kota provinsi dan nasional untuk menambah wawasan dan kemampuan mengajar yang dapat menjadi tolak ukur keberhasilan guru di kelas dalam mengajar serta menjadi salah satu sumbangan informasi bagi guru bahwa keterampilan mengajar guru dan motivasi belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Oct 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34361

Actions (login required)

View Item View Item