Pengaruh minat dan motivasi mahasiswa menjadi guru terhadap kebiasaan belajar mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang / Merina Indriastuti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh minat dan motivasi mahasiswa menjadi guru terhadap kebiasaan belajar mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang / Merina Indriastuti

Indriastuti, Merina (2010) Pengaruh minat dan motivasi mahasiswa menjadi guru terhadap kebiasaan belajar mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang / Merina Indriastuti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci minat menjadi guru motivasi menjadi guru kebiasaan belajar. Salah satu penyebab kegagalan pendidikan di Indonesia dikarenakan masih banyak lembaga pendidikan di Indonesia yang hanya mengacu pada hasil belajar tetapi kurang memperhatikan proses belajar. Banyak penelitian yang mengkaji tentang hasil belajar atau prestasi belajar sebagai variabel terikatnya tetapi belum ada penelitian yang mengkaji mengenai proses belajar (kebiasaan belajar). Berdasarkan latar belakang tersebut perlu diadakan penelitian untuk mengkaji pengaruh minat dan motivasi mahasiswa menjadi guru terhadap kebiasaan belajar mahasiswa. Adapun tujuannya adalah untuk (1) mengetahui apakah minat mahasiswa menjadi guru memberikan pengaruh terhadap kebiasaan belajar dan (2) mengetahui apakah motivasi mahasiswa menjadi guru memberikan pengaruh terhadap kebisaan belajar mahasiswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian explanation dengan menggunakan teknik pengambilan sampel purposive propotional sampling dengan jumlah sampel sebanyak 109 mahasiswa yang diambil dari angkatan 2007 dan 2008 Prodi S1 Pendidikan Akuntansi FE UM yang diwakili secara proporsional sesuai dengan jumlah mahasiswa setiap offering. Teknik pengumpulan datanya yaitu dengan menggunakan angket sebagai instrumen penelitian. Uji kualitas instrumen dilakukan sebanyak 2 kali dan pengambilan data penelitian dilakukan pada tanggal 15 Maret 2010. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda. Seluruh penggujian dalam penelitian ini menggunakan bantuan program SPSS versi 16 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa minat mahasiswa menjadi guru tidak memberikan pengaruh terhadap kebiasaan belajar mahasiswa sedangkan motivasi mahasiswa menjadi guru memberikan pengaruh terhadap kebiasaan belajar mahasiswa sebesar 20 2%. Tidak berpenpengaruhnya minat mahasiswa menjadi guru terhadap kebiasaan belajar bisa dikarenakan indikator yang ditetapkan untuk mengukur minat mahasiswa menjadi guru tidak dapat mengakomodasi setiap kebutuhan mahasiswa dalam mengukur minatnya untuk menjadi guru. Dari hasil penelitian ini disarankan untuk mahasiswa Prodi SI Pendidikan Akuntansi FE UM hendaknya senantiasa menambah wawasannya agar motivasinya untuk menjadi guru akan semakin meningkat. Bagi peneliti selanjutnya yang ingin melakukan penelitian yang sejenis hendaknya menggunakan variabel lain sebagai variabel bebasnya dan menambah variabel prestasi belajar untuk variabel terikatnya. Hal ini dilakukan agar penelitian-penelitian tersebut akan saling melengkapi sehingga pada akhirnya dapat ditarik kesimpulan secara komprehensif (menyeluruh).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Sep 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34352

Actions (login required)

View Item View Item