Analisis produktivitas biaya produksi terhadap jumlah produk: studi kasus pada PG. Kebon Agung Malang oleh Anis Lestari - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis produktivitas biaya produksi terhadap jumlah produk: studi kasus pada PG. Kebon Agung Malang oleh Anis Lestari

Lestari, Anis (2010) Analisis produktivitas biaya produksi terhadap jumlah produk: studi kasus pada PG. Kebon Agung Malang oleh Anis Lestari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

suatu organisasly ang siap untuk berkompetisi di era perdaganganb ebas nantinyah arusm enyadaria rti penting dari produklrvitas yang tinggi Konsep produklivitas1 11enurupta ndangani lmu ekonomi biasanyad i kaitkan denganl umlah keluarand an hargak eluaran.D imana semuas umbery ang tersediad apat dimanfaatkadne ngans ebesar-besarnydai dalam suatup rosesp roduksi denganb iaya yang murah tepat waklu dan tepat guna. Salah satu kegiatan ekonomi di lndonesra yang membututkan pemngkatan produktivitas adalah industri gula. Gula merupakan ialu-hs atuy ang dikategorikan sebagais embakoo leh pemerintah k arenam erupakan kebutuhanh idup mendasarb agi masyarakat. Biaya produksi adalah biaya-biaya yang terjadi untuk mengolah bahan baku menjadpi rodukjadi yang siap untuk drlual. Sedangkank omponen dari biaya -pBroiady au ksi-itsu ndiri adalah ( 1) Biaya bahanb aku ( 2) Biaya tenagak erla langsung (3) overhead pabnk. Biaya bahan baku dan Biaya tenaga kerja langsung merupakanb iaya yang berhubunganl angsungd enganp roduksi (prnne cost) sedangkaunn tuk Biaya overheadp abrik merupakanb iaya yang diperlukan untuk m mprosebsa han baku menladi produk selesal. Penelitian dilakukan di PG. Kebon Agung Malang yang mempunyai hasil produksui tama berupag ula dan sampinganb erupat etes.D ata penelitian merupakan Liaya produksi jumlah produk dan hal-hal lain yang diperlukan untuk menglutung produktivitasd ata tersebutb erasald ari iaporan laba/rugi dan neracau ntuk penode jsss-zooo. Produktivitas yang diukur disini meliputi produKivitas parsial (Tenaga kerja bahan baku overhead pabrik kapital) multifaktor dan produklivitas total. DiJampingi tu disini juga dihitung produktivitas keuar 3anu ntuk bahan baku dan tenagak erja. Dari hasil perhitungant ersebutk emudian dibandingkan d engan rnrnggunut- tahun sebelumnya sebagai dasar. Hal tersebut dilakukan untuk mengitahui pada tahun berapa tingkat produktivitas dikatakan tinggi sehingga dapat aiteLtrui kombinasi faktor produksi yang dapat mengahsilkan gula yang maksimal. Produktivitas teninggi dicapai pada tahun 2000 dengan hasil operasional terbesadr ibandingkand engant ahun 1998 dan 1999 y aitu sebesar Rp 63.21 8 .5 76.0 50 Sehinggad apatd isimpulkanp adak ombinasib iayap roduksi sepert1i angt erdapatp adat ahun 2000 itulah yang bisa menghasilkang ula yang rnaksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Aug 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34350

Actions (login required)

View Item View Item