Pengaruh kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual terhadap tingkat pemahaman akuntansi mahasiswa S1 Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang / Agustin Rahayuningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual terhadap tingkat pemahaman akuntansi mahasiswa S1 Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang / Agustin Rahayuningsih

Rahayuningsih, Agustin (2010) Pengaruh kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual terhadap tingkat pemahaman akuntansi mahasiswa S1 Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang / Agustin Rahayuningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci kecerdasan emosional kecerdasan spiritual dan tingkat pemahaman akuntansi Kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual merupakan faktor yang berpengaruh terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris mengenai pengaruh kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual terhadap tingkat pemahaman akuntansi Rancangan penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian eksplanatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa S1 Akuntansi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 120 responden dan diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Model analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil pengujian menunjukkan bahwa semua variabel bebas yaitu kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual secara parsial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Hal ini berarti bahwa semakin tinggi kecerdasan emosional maka semakin tinggi tingkat pemahaman akuntansi. Selain itu semakin tinggi kecerdasan spiritual maka semakin tinggi pula tingkat pemahaman akuntansi. Hasil pengujian menunjukkan bahwa semua variabel bebas yaitu kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual secara bersamaan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Hal ini berarti bahwa semakin tinggi kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual secara simultan akan menyebabkan semakin tingginya tingkat pemahaman akuntansi. Melalui institusi pendidikan diharapkan mahasiswa mampu mengasah kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual mahasiswa baik dalam perkuliahan maupun di luar luar perkuliahan (organisasi kemahasiswaan dan UKM). Keterbatasan penelitian ini meliputi kecilnya variabel prediktor yang digunakan untuk menguji variabel yang berpengaruh terhadap tingkat pemahaman akuntansi dan cakupan penelitian kurang luas karena hanya meneliti salah satu PTN di Malang. Berdasarkan keterbatasan tersebut dapat disarankan agar penelitian selanjutnya menambahkan variabel prediktor lain yang diduga juga berpengaruh terhadap tingkat pemahaman akuntansi dan memperluas sampel penelitian seperti mahasiswa akuntansi PTN se-Pulau Jawa atau mahasiswa PTS se-Pulau Jawa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Aug 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34348

Actions (login required)

View Item View Item