Pengaruh penggunaan multimedia dalam mata pelajaran akuntansi terhadap minat, motivasi dan prestasi belajar akuntansi siswa kelas X SMK Negeri 1 Turen / Leny Purwanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan multimedia dalam mata pelajaran akuntansi terhadap minat, motivasi dan prestasi belajar akuntansi siswa kelas X SMK Negeri 1 Turen / Leny Purwanti

Purwanti, Leny (2010) Pengaruh penggunaan multimedia dalam mata pelajaran akuntansi terhadap minat, motivasi dan prestasi belajar akuntansi siswa kelas X SMK Negeri 1 Turen / Leny Purwanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Purwanti Leny. 2010. Pengaruh Penggunaan Multimedia Dalam Mata Pelajaran Akuntansi Terhadap Minat Motivasi Dan Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Turen. Skripsi Jurusan Akuntansi Program Studi S1 Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Hj. Endang Sri Andayani S.E M.Si Ak. (II) Dra. Hj. Sutatmi S.E M.Pd M.Si Ak. Kata Kunci Penggunaan Multimedia Minat Belajar Motivasi Belajar Prestasi Belajar. Penggunaan media atau alat bantu disadari oleh banyak praktisi pendidikan sangat membantu aktivitas proses pembelajaran baik di dalam maupun di luar kelas terutama mambantu peningkatan prestasi belajar siswa. Multimedia pembelajaran merupakan salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan minat motivasi dan prestasi belajar siswa. Multimedia pembelajaran menjadikan proses belajar mengajar menjadi lebih interaktif dan menarik sehingga siswa menjadi lebih bersemangat untuk mengikuti pelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan multimedia terhadap minat motivasi dan prestasi belajar siswa. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X.2 jurusan akuntansi SMK Negeri 1 Turen yang berjumlah 36 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X.1 jurusan akuntansi SMK Negeri 1 Turen yang berjumlah 36 siswa sebagai kelas kontrol. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji t. Hasil analisis diperoleh tingkat signifikansi (0 001) (0 05) untuk minat belajar signifikansi (0 002) (0 05) untuk motivasi belajar dan signifikansi (0 028) (0 05) untuk prestasi belajar siswa. Berdasarkan nilai signifikansi yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan H1 diterima yang berarti bahwa penggunaan multimedia berpengaruh positif terhadap minat motivasi dan prestasi belajar siswa di SMK Negeri 1 Turen. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan maka kesimpulan dari penelitian ini menyatakan kelas yang diajar melalui penggunaan multimedia pembelajaran memiliki minat motivasi dan prestasi belajar yang lebih baik dari kelas yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran sederhana seperti papan tulis. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan agar guru lebih kreatif dan inovatif dalam memanfaatkan media pembelajaran untuk membuat proses belajar mengajar menjadi lebih menarik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jul 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34335

Actions (login required)

View Item View Item