Hubungan prestasi belajar mata kuliah yang diujikan dalam ujian pendadaran dengan performansi dalam ujian pendadaran mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang / Trias Galih Satria - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan prestasi belajar mata kuliah yang diujikan dalam ujian pendadaran dengan performansi dalam ujian pendadaran mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang / Trias Galih Satria

Satria, Trias Galih (2010) Hubungan prestasi belajar mata kuliah yang diujikan dalam ujian pendadaran dengan performansi dalam ujian pendadaran mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang / Trias Galih Satria. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Satria Trias Galih. 2009. Hubungan Prestasi Belajar Mata Kuliah yang Diujikan dalam Ujian Pendadaran dengan Performansi dalam Ujian Pendadaran Mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Skripsi. Jurusan Akuntansi Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Bambang Sugeng M.A. M.M. Ak. (2) Triadi Agung S S.E. M.Si. Ak. Kata kunci Prestasi Belajar Performasi Ujian Pendadaran Seiring dengan semakin ketatnya kompetensi paska lulus yang akan dihadapi oleh semua lulusan jenjang pendidikan S1 dalam rangka untuk mendapatkan lapangan kerja penciptaan lapangan kerja maupun peningkatan karier yang didukung oleh kompetensi lulusan mahasiswa yang telah menempuh dan telah menyelesaikan jenjang pendidikan S1. diharapkan mahasiswa jenjang S1 mampu bersaing dalam arti mempunyai kemampuan yang mumpuni sesuai dengan kompetensi yang telah diperoleh selama masa perkuliahan. Kompetensi mahasiswa lazimnya akan ditunjukkan dengan suatu deskripsi atas pencapaian kompetensi yang disebut sebagai prestasi belajar mahasiswa di mana prestasi belajar mahasiswa tersebut dapat dilihat melalui daftar nilai yang disebutkan dengan Kartu Hasil Studi (KHS). Prestasi belajar dapat diartikan sebagai penguasaan pengetahuan dan keterampilan yang dikembangkan oleh mata kuliah lazimnya ditunjukkan oleh nilai test atau angka nilai yang diberikan oleh dosen. Dalam pelaksanaannya walaupun pencapaian kompetensi atau prestasi belajar mahasiswa dalam mata kuliah yang diujikan dalam ujian pendadaran telah dimiliki diukur dan dievaluasi dari proses penjajaran yang berlangsung di Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang dan dideskripsikan pada Kartu Hasil Studi Mahasiswa ternyata hal ini dirasa belum cukup untuk memantapkan anggapan bahwa mahasiswa telah mampu bersaing dan mempunyai kompetensi yang cukup. Sehingga di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang diadakan ujian pendadaran untuk memantapkan anggapan bahwa mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang benar-benar mampu bersaing dan mempunyai kompetensi yang cukup untuk dapat menciptakan dan mendapatkan lapangan kerja maupun meningkatkan kariernya pada saat berada di dunia kerja. Sebagai instrumen evaluasi ujian pendadaran di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang berfungsi sebagai pemantap penilaian prestasi belajar mahasiswa. Selain itu juga sebagai barometer untuk mengukur sejauh mana pelaksanaan pendidikan dan evaluasi pada proses kegiatan belajar mengajar yang diselenggarakan di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Hal menarik yang akan diangkat dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan positif antara prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah yang diujikan dalam ujian pendadaran pada mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Penelitian ini merupakan Penelitian Eksplanasi (explanatory research). Artinya merupakan penelitian yang menguji hubungan antara variabel yang dihipotesiskan (Faisal 2003 21). Alat analisis yang digunakan dalam penelitian i ini adalah alat analisis korelasi Spearman Rank yang merupakan salah satu alat atau teknik analisis non-parametrik yang biasa digunakan dalam penelitian populasi. Variabel dalam penelitian ini meliputi prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah yang diujikan dalam ujian pendadaran (x) sebagai variabel bebas dan performasi mahasiswa dalam ujian pendadaran (y) sebagai variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang yang telah mengikuti ujian pendadaran baik periode ujian semester genap 2007/2008 maupun pada periode ujian pendadaran sebelumnya. Sampel dalam penelitian ini adalah S1 mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang angkatan 2004 yang mengikuti ujian pendadaran periode ujian semester genap 2007/2008. teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik aksidental sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi. Dari hasil analisis data dapat diketahui terdapat hubungan positif antara prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah yang diujikan dalam ujian pendadaran dengan performansi mahasiswa dalam ujian pendadaran. Hal tersebut dapat diketahui dari nilai P value 0 002 dengan signifikasi atau 945 0 01 di mana apabila nilai P value 945 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka sasaran atas penelitian ini adalah (1) Diharapkan mahasiswa jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dapat lebih mempersiapkan diri dalam menghadapi ujian pendadaran terutama bagi mahasiswa yang secara umum mempunyai prestasi belajar kurang baik. (2) Untuk peneliti yang akan melakukan penelitian dan mengangkat masalah yang sejenis dengan penelitian ini hendaknya dapat mengambil sampel dengan jumlah yang lebih besar sehingga lebih mewakili karakteristik populasi serta lebih meyakinkan kesimpulan penelitian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jul 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34332

Actions (login required)

View Item View Item