Pengaruh kecerdasan emosional terhadap tingkat pemahaman akuntansi dengan kepercayaan diri sebagai variabel pemoderasi pada siswa kelas XII Jurusan Akuntansi SMK Negeri 1 Sumenep / Dina Febriastuti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kecerdasan emosional terhadap tingkat pemahaman akuntansi dengan kepercayaan diri sebagai variabel pemoderasi pada siswa kelas XII Jurusan Akuntansi SMK Negeri 1 Sumenep / Dina Febriastuti

Febriastuti, Dina (2010) Pengaruh kecerdasan emosional terhadap tingkat pemahaman akuntansi dengan kepercayaan diri sebagai variabel pemoderasi pada siswa kelas XII Jurusan Akuntansi SMK Negeri 1 Sumenep / Dina Febriastuti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Febriastuti Dina. 2010. Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi dengan Kepercayaan Diri sebagai Variabel Pemoderasi pada Siswa Kelas XII Jurusan Akuntansi SMKN 1 Sumenep. Skripsi. Jurusan Akuntansi Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing I Hj. Yuli Widi Astuti S.E. M.Si.Ak Pembimbing II Sri Pujiningsih S.E M.Si.Ak. Kata Kunci Kecerdasan Emosional Pemahaman Akuntansi dan Kepercayaan Diri Kecerdasan emosional berpengaruh cukup besar dalam kehidupan seseorang. Tanpa kecerdasan emosional seseorang tidak mampu mengenali mengelola emosi memberikan motivasi yang ada didalam dirinya mengenali emosi yang dialami orang lain dan tidak mampu membina hubungan dengan orang lain. Pada aspek emosional siswa belajar menghadapi konflik yang ditemui dalam kehidupannya hal tersebut bertujuan untuk membangun kecerdasan emosinya agar dapat mengendalikan perasaan dan menyalurkannya dengan cara-cara positif dan produktif. Hal ini juga terkait dengan cara siswa untuk memahami akuntansi siswa akan merasa kesulitan memahami akuntansi dengan cepat apabila kecerdasan emosional yang dimilikinya tidak berkembang sebagaimana mestinya. Selain kecerdasan emosional sifat lain yang dapat mendukung siswa dalam memahami akuntansi lebih mudah yaitu dengan dimilikinya sikap percaya diri karena dengan percaya diri yang tinggi siswa akan mampu mengungkapkan pendapatnya mengembangkan potensi yang dimilikinya serta tidak akan malu untuk bertanya bila ada pelajaran yang tidak dimengerti. Dengan demikian siswa yang mempunyai kecerdasan emosional tinggi dan kepercayaan diri tinggi dapat membantu siswa dalam proses pembelajaran dan meraih prestasi dibidang akademis. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh langsung kecerdasan emosional terhadap tingkat pemahaman akuntansi dan tidak langsung melalui kepercayaan diri pada siswa kelas XII jurusan akuntansi SMKN 1 Sumenep. Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasional dengan pendekata kuantitatif. Variabel penelitian ini adalah Kecerdasan emosional (X) pemahaman akuntansi (Y) dan kepercayaan diri (Z). Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas XII jurusan akuntansi SMKN 1 Sumenep. Analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis jalur (path analysis). Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan ada pengaruh langsung yang signifikan antara kecerdasan emosional terhadap pemahaman akuntansi 33 9%. Pengaruh tidak langsung antara kecerdasan emosional dan pemahaman akuntansi melalui kepercayaan diri sebesar 35 7%. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan guru akuntansi dalam mengajar tidak hanya dengan ceramah saja tapi juga menggunakan model pembelajaran yang bervariasi agar siswa lebih tertarik dan bersemangat dalam memahami akuntansi. Model pembelajaran yang digunakan juga sesuai dengan kemampuan siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jul 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34331

Actions (login required)

View Item View Item