Putri, Firzha Tri Aningtyas (2012) Kepemimpinan Kepala sekolah yang efektif di SMAN se-Kabupaten Lumajang / Firzha Tri Aningtyas Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci kepala sekolah kepemimpinan. Kepala sekolah adalah seseorang yang ditunjuk sebagai pemimpin di satuan pendidikan sedangkan kepemimpinan pendidikan adalah suatu kegiatan dalam membimbing suatu kelompok sedemikian rupa sehingga tercapailah tujuan kelompok itu. Salah satu aspek kepemimpinan di dunia pendidikan adalah kepemimpinan di suatu sekolah. Sekolah sebagai unit kerja dipimpin oleh seorang kepala sekolah. Untuk dapat bersaing di era globalisasi maka diperlukan kepala sekolah kepala sekolah yang profesional. Kepala sekolah yang profesional tak terlepas dari paradigma kepemimpinan pada umumnya. Tidak mudah menjadi kepala sekolah yang profesional. Banyak hal yang harus dikuasi dan dipahami dengan berbagai pendekatan dan strategi. Kepala sekolah menjadi figur sentral dan harus menjadi teladan bagi para tenaga kependidikan. Bukan hanya karena lamanya pengabdian namun ide-ide cemerlang diperlukan untuk mempersiapkan kader bangsa melalui penggodogan pendidikan di lembaga pendidikan yang disebut sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan kepemimpinan kepala sekolah. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data yang dipergunakan adalah kuesioner atau angket. Analisis data kuantitatif dengan menggunakan analisis deskriptif. Populasi berjumlah 12 orang sampel penelitian berjumlah 12 orang. Subyek dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah seluruh SMA Negeri se-Kabupaten Lumajang. Berdasarkan hasil analisis yang diperoleh melalui penyebaran angket atau kuesioner pada 12 responden yaitu kepala sekolah SMAN se-Kabupaten Lumajang diperoleh data secara keseluruhan tentang kepemimpinn kepala sekolah yang efektif. Terdiri dari 35 pernyataan dan 5 alternatif jawaban menunjukkan bahwa data tentang tingkat kualitas kepemimpinan kepala sekolah yang efektif secara umum berada pada katagori baik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kualitas kepemimpinan kepala sekolah yang efektif dapat dikualifikasikan baik dengan 9 responden atau 75%. Saran yang dikemukakan dalam penelitian ini diantaranya bagi (1) Kepala sekolah untuk menjadi lebih baik lagi dalam kepemimpinannya di sekolah (2) Guru Sebagai bahan wacana bagi guru untuk meningkatkan profesionalisme guru untuk melangkah lebih baik lagi (3) Ketua Jurusan Administrasi Pendidikan untuk menambah referensi khususnya yang berhubungan dengan kualitas kepemimpinan kepala sekolah yang efektif dan (4) Peneliti lain diharapkan mengadakan penelitian lebih lanjut mengenai kepemimpinan kepala sekolah yang efektif dengan menambah kajian variabel yang lainnya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Apr 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/3433 |
Actions (login required)
View Item |