Pengaruh keaktifan berorganisasi dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa pada bidang studi akuntansi di SMAN 1 Blitar / Yan Nurulitasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh keaktifan berorganisasi dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa pada bidang studi akuntansi di SMAN 1 Blitar / Yan Nurulitasari

Nurulitasari, Yana (2010) Pengaruh keaktifan berorganisasi dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa pada bidang studi akuntansi di SMAN 1 Blitar / Yan Nurulitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sekolah tidak hanya menjadi tempat untuk menuntut ilmu akademik tetapi juga ilmu non akademik. Karena pada dasarnya seorang siswa tidak hanya membutuhkan kecerdasan intelegensi tetapi juga kecerdasan emosional. Dengan aktif berorganisasi siswa akan belajar bertanggung jawab dalam mengelola waktu. Sehingga meskipun aktif berorganisasi tetapi siswa tersebut tetap dapat belajar dengan baik. Organisasi merupakan wadah bagi siswa untuk mengekspresikan dirinya sesuai dengan bakat dan minat yang dimilikinya. Namun kekhawatiran muncul saat beberapa siswa kesulitan membagi waktu. Siswa terlalu sibuk berorganisasi sehingga sering meninggalkan pelajaran dan kesulitan untuk mengejar ketinggalan pelajaran. Motivasi belajar merupakan keseluruhan daya penggerak dari siswa yang menimbulkan kegiatan belajar yang menjamin kelangsungan dari kegiatan belajar dan memberi arah pada kegiatan belajar sehingga tujuan yang dikehendaki oleh siswa itu dapat tercapai. Jadi walaupun siswa tersebut mempunyai kemampuan intelektual tinggi tetapi jika motivasi belajarnya rendah maka proses belajarnya tidak berlangsung optimal sehingga akan berpengaruh terhadap prestasi belajarnya. Penilaian prestasi belajar terhadap siswa sangat penting karena dapat diketahui sejauh mana taraf pengetahuan siswa yang dicapai selama mengikuti proses kegiatan belajar. Dalam penelitian ini prestasi belajar yang dimaksud adalah hasil belajar siswa yang diambil dari nilai raport siswa. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk menganalisa secara parsial dan simultan pengaruh keaktifan berorganisasi dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IS di SMAN 1 Blitar pada bidang studi akuntansi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa variabel keaktifan berorganisasi berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi dan motivasi belajar juga berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi. Kepala sekolah dan guru diharapkan selalu memberikan bimbingan dan dukungan kepada anak didiknya untuk lebih meningkatkan keaktifan berorganisasi agar dapat menyalurkan bakat dan minat siswa serta dapat mengembangkan aspek kepribadian siswa secara optimal. Siswa sendiri diharapkan dapat memilih kegiatan organisasi yang sesuai dengan kemampuan dan bakat yang dimiliki serta dapat mengelola waktu dengan baik. Sedangkan untuk peneliti lain hendaknya mengambil sampel tidak hanya dari kelas IS tetapi juga kelas IA di SMAN 1 Blitar sehingga dapat diketahui pengaruh keaktifan berorganisasi dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar secara menyeluruh.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Jul 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34323

Actions (login required)

View Item View Item