Pengaruh persepsi guru tentang penerapan kurikulum tingkaty satuan pendidikan terhadap kreativitas guru dalam mengajar pada SMKN 1 Malang / Irawati Dwi Ratna - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh persepsi guru tentang penerapan kurikulum tingkaty satuan pendidikan terhadap kreativitas guru dalam mengajar pada SMKN 1 Malang / Irawati Dwi Ratna

Ratna, Irawati Dwi (2010) Pengaruh persepsi guru tentang penerapan kurikulum tingkaty satuan pendidikan terhadap kreativitas guru dalam mengajar pada SMKN 1 Malang / Irawati Dwi Ratna. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ratna Irawati Dwi. 2009. Pengaruh Persepsi Guru Tentang penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan terhadap Kreativitas Guru Dalam Mengajar Pada SMK Negeri 1 Malang. Skripsi Jurusan Akuntansi Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Bambang Sugeng M.A M.M. Ak. (II) Drs. Cipto Wardoyo S.E. M.Pd M.Si Ak. Kata Kunci Persepsi Guru Tentang Penerapan KTSP dan Kreativitas Guru Dalam Mengajar. Pendidikan merupakan salah satu aspek penting dalam kehidupan di negara kita karena pendidikan merupakan salah satu sarana untuk mencapai tujuan nasional sehingga peningkatan mutu pendidikan perlu dilakukan agar tujuan nasional tersebut dapat diwujudkan. Upaya yang dilakukan pemerintah dalam meningkatkan mutu pendidikan salah satunya melalui perubahan kurikulum yaitu dari KBK ke KTSP didunia pendidikan hal ini dikarenakan agar guru dapat lebih mandiri dalam menciptakan metode-metode baru untuk memberikan materi di dalam kelas. Kreativitas guru dalam mengajar dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya adalah Persepsi guru tentang penerapan KTSP. Kreativitas guru dalam mengajar berperan penting dalam meningkatkan prestasi siswa. Agar dapat memperoleh prestasi yang baik maka dalam kegiatan belajarnya guru harus mempunyai sikap dan cara penyampaian yang baik. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh antara persepsi guru tentang penerapan KTSP terhadap kreativitas guru dalam mengajar pada SMK Negeri 1 Malang.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SMK Negeri 1 Malang yang berjumlah 103 guru. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 31 guru. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksplanasi teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi guru tentang penerapan KTSP mempunyai pengaruh positif terhadap kreativitas guru dalam mengajar pada SMK Negeri 1 Malang dengan diperoleh nilai Fhitung sebesar 1 362 Saran yang dapat diberikan yaitu Bagi pihak sekolah khususnya guru agar menciptakan inovasi-inovasi baru dalam memberikan materi dalam kelas menciptakan suasana yang kondusif selama penyampaian materi berlangsung fasilitas belajar di sekolah dilengkapi sehingga siswa dapat melaksanakan kegiatan belajar dengan lebih baik. Guru hendaknya memberikan arahan dan dorongan kepada siswa dalam rangka meningkatkan motivasi mereka dan agar siswa selalu meperbaiki kebiasaan belajar mereka.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jun 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34321

Actions (login required)

View Item View Item