Perbedaan prestasi belajar akuntansi antara model pembelajaran siklus (learning cycle) dengan stad (student teams achievement divisions) di smk tekstil padaan / Rasyid Ridha - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan prestasi belajar akuntansi antara model pembelajaran siklus (learning cycle) dengan stad (student teams achievement divisions) di smk tekstil padaan / Rasyid Ridha

Ridha, Rasyid (2010) Perbedaan prestasi belajar akuntansi antara model pembelajaran siklus (learning cycle) dengan stad (student teams achievement divisions) di smk tekstil padaan / Rasyid Ridha. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ridha Rasyid. 2009. Perbedaan prestasi belajar akuntansi antara model pembelajaran siklus (Learning Cycle) dengan STAD (Student Teams Achievement Divisions) di SMK TEKSTIL PANDAAN. Skripsi Jurusan Akuntansi Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Sri Pujiningsih S.E. M.Si. Pembimbing (2) Dra. Endang Sri Andayani S.E. M. Si. Ak. Kata Kunci Prestasi Belajar Akuntansi Model Siklus (Learning Cycle) Model STAD (Student Teams Achievement Divisions). Secara umum kegiatan pembelajaran yang selama ini diterapkan di sekolah masih didominasi oleh pandangan yang menganggap bahwa pengetahuan merupakan seperangkat fakta-fakta yang harus dihafal sehingga sebagian besar dari siswa tidak mampu menghubungkan antara apa yang mereka pelajari dengan bagaimana pengetahuan tersebut akan dipergunakan atau dimanfaatkan. Dalam mengajar guru hendaknya lebih tepat dalam memilih metode-metode pembelajaran. Salah satu metode pembelajaran yang lebih menekankan pada keaktifan siswa adalah metode pembelajaran konstruktivisme model Siklus (Learning Cycle) dan metode kooperatif model STAD (Student Teams Achievement Divisions). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan perbedaan prestasi belajar akuntansi antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Siklus (Learning Cycle) dengan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Divisions ). Penelitian ini merupakan Penelitian Eksperimen Semu (Quasi Eksperimental Design). Rancangan penelitian ini menggunakan pre test dan post test. Penelitian ini menggunakan tes awal untuk mengetahui bahwa kelompok eksperimen dan kelompok kontrol sebelum diberi perlakuan mempunyai kemampuan awal sama atau tidak jauh berbeda. Kemudian diberikan perlakuan yaitu model Siklus untuk kelas eksperimen dan model STAD untuk kelas kontrol. Selanjutnya dilakukan tes prestasi untuk mengetahui prestasi belajar setelah perlakuan. Dari hasil analisis data terbukti bahwa ada perbedaan prestasi belajar akuntansi yang signifikan antara siswa yang diajar menggunakan model Siklus (Learning Cycle) dengan siswa yang diajar menggunakan model STAD (Student Teams Achievement Divisions). Siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Siklus (Learning Cycle) menunjukkan prestasi belajar yang lebih tinggi dari pada siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Divisions). Hal tersebut dibuktikan dari rata-rata peningkatan prestasi belajar untuk kelas Siklus sebesar 82 17 sedangkan untuk kelas STAD lebih rendah yaitu sebesar 76 63. Saran yang diajukan adalah (1) Bagi guru akuntansi hendaknya dapat menerapkan model pembelajaran Siklus untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. (2) Bagi siswa pembelajaran siklus menghendaki siswa untuk belajar sendiri dan bisa menggali potensi dirinya agar bisa lebih aktif dan mandiri. (3) Bagi peneliti disarankan dapat melakukan penelitian semacam ini dengan menambah aspek afektif dan psikomotorik untuk mengukur prestasi belajar siswa setelah perlakuan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Apr 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34320

Actions (login required)

View Item View Item