Pengaruh persepsi siswa tentang penggunaan media dan metode pembelajaran terhadap sikap dan prestasi belajar siswa SMK Negeri 1 Turen / Sefi Miftahul Aflih - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh persepsi siswa tentang penggunaan media dan metode pembelajaran terhadap sikap dan prestasi belajar siswa SMK Negeri 1 Turen / Sefi Miftahul Aflih

Aflih, Sefi Miftahul (2010) Pengaruh persepsi siswa tentang penggunaan media dan metode pembelajaran terhadap sikap dan prestasi belajar siswa SMK Negeri 1 Turen / Sefi Miftahul Aflih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Aflih Sefi Miftahul. 2010. Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Penggunaan Media dan Metode Pembelajaran Terhadap Sikap dan Prestasi Belajar Siswa SMK Negeri 1 Turen. Skripsi Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Sriyani Mentari S Pd. M. M dan (2) Dra. Suparti M. P Kata kunci Persepsi Siswa Tentang Penggunaan Media Pembelajaran Metode Pembelajaran Sikap Belajar dan Prestasi Belajar Siswa. Prestasi belajar merupakan hasil belajar siswa yang diperoleh siswa dalam menyerap atau menerima ilmu pengetahuan dan materi pelajaran yang diberikan oleh guru selama proses belajar mengajar yang biasanya ditunjukkan dalam bentuk tes atau angka nilai. Terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa antara lain yaitu media pembelajaran metode pembelajaran dan sikap belajar siswa. Dengan demikian penelitian ini mengkaji tentang pengaruh langsung persepsi siswa tentang penggunaan media dan metode pembelajaran terhadap sikap belajar pengaruh langsung sikap belajar terhadap prestasi belajar dan pengaruh tidak langsung persepsi siswa tentang penggunaan media dan metode pembelajaran terhadap prestasi belajar melalui sikap belajar siswa di SMK Negeri 1 Turen. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh langsung persepsi siswa tentang penggunaan media pembelajaran terhadap sikap belajar pengaruh langsung metode pembelajaran terhadap sikap belajar pengaruh langsung sikap belajar terhadap prestasi belajar pengaruh tidak langsung persepsi siswa tentang penggunaan media pembelajaran terhadap prestasi belajar melalui sikap belajar pengaruh tidak langsung metode pembelajaran terhadap prestasi belajar melalui sikap belajar siswa dan pengaruh secara simultan persepsi siswa tentang penggunaan media metode pembelajaran dan sikap belajar terhadap prestasi belajar siswa Akuntansi di kelas XI SMK Negeri 1 Turen. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksplanatory. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dokumentasi dan kuesioner (angket). Penelitian ini menggunakan populasi dalam menentukan responden yaitu berjumlah 78 siswa. Metode analisa data yang digunakan adalah path analysis dengan uji 2 asumsi klasik (normalitas dan linearitas). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Ada pengaruh langsung persepsi siswa tentang penggunaan media pembelajaran terhadap sikap belajar siswa kelas XI Akuntansi di SMK Negeri 1 Turen 2) Ada pengaruh langsung metode pembelajaran tehadap sikap belajar siswa kelas XI Akuntansi di SMK Negeri 1 Turen 3) Ada pengaruh langsung sikap belajar tehadap prestasi belajar siswa kelas XI Akuntansi di SMK Negeri 1 Turen 4) Ada pengaruh tidak langsung persepsi siswa tentang penggunaan media pembelajaran terhadap prestasi belajar melalui sikap belajar siswa kelas XI Akuntansi di SMK Negeri 1 Turen 5) Ada pengaruh tidak langsung metode pembelajaran terhadap prestasi belajar melalui sikap belajar siswa kelas XI Akuntansi di SMK Negeri 1 Turen dan 6) Ada pengaruh secara simultan persepsi siswa tentang penggunaan media metode ii pembelajaran dan sikap belajar terhadap prestasi belajar siswa Akuntansi di kelas XI SMK Negeri 1 Turen Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan 1) Sekolah perlu meningkatkan ketersediaan sarana yang dapat membantu guru dalam peningkatan media dan metode pembelajaran hal ini dilakukan agar dalam proses belajar mengajar dapat tercipta suasana yang kondusif dan terjadi interaksi yang positif antara guru dan peserta didik. Suasana yang kondusif ini dapat membentuk sikap belajar yang baik dan berdampak pada peningkatan prestasi belajar siswa 2) Guru perlu meningkatkan penggunaan media maupun metode pembelajaran agar lebih bervariasi meskipun metode dan media pembelajaran yang dipakai selama ini sudah mendukung dalam peningkatan prestasi belajar siswa namun langkah untuk pengembangan media dan metode diperlukan agar peserta didik tidak merasa bosan dengan media ataupun metode pembelajaran yang selama ini dipakai. Penggunaan media papan tulis yang selama ini dipakai bisa dikembangkan dengan menggunakan OHP atau media yang lain penggunaan media yang beranekaragam dapat menumbuhkan rasa ingin tahu siswa terhadap isi dari materi pelajaran. Demikian pula dengan metode pembelajaran yang bervariasi dapat menumbuhkan semangat yang belajar yang baik dari diri peserta didik 3) Bagi Siswa sebaiknya memanfaatkan media pembelajaran yang tersedia baik di rumah maupun di sekolah secara optimal guna menunjang kegiatan belajar. Selain itu siswa sebaiknya lebih memperhatikan lagi sikapnya didalam maupun diluar kelas tersebut menjadi lebih baik agar dapat meningkatkan prestasi belajar siswa itu sendiri dan 4) Penelitian berikutnya Penelitian berikutnya apabila meneliti mengenai hal yang sama dengan penelitian ini diharapkan variabel yang ingin diteliti lebih diperluas lagi dan jika pengambilan data menggunakan pengamatan langsung (observasi) lebih baik menggunakan penskoran agar hasil yang didapatkan akan lebih valid dengan kenyataan yang ada.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Apr 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34317

Actions (login required)

View Item View Item